Ide Usaha dari Limbah Kelapa, Mudah dan Menguntungkan

Kini, limbah kelapa bisa di manfaatkan untuk membuat usaha dan sangat menguntungkan hasilnya, Yuk simak informasinya.

Ide Usaha dari Limbah Kelapa, Mudah dan Menguntungkan
Ide usaha dari limbah kelapa, mudah dan menguntungkan. Gambar : Visualphotos

BaperaNews - Siapa sangka limbah kelapa bisa dijadikan sebagai lahan bisnis menguntungkan saat ini. Kebanyakan orang yang usaha jual beli kelapa atau pun penjaja es kelapa muda membiarkan limbahnya menumpuk hingga menggunung. Pemanfaatan paling umum dilakukan adalah membuat media tanam cocopeat dari sabut kelapa atau pun menggunakan batoknya sebagai arang.

Jika kalian kreatif, limbah kelapa bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan menjanjikan. Beberapa ide bisnis berikut ini bisa kalian coba dengan memanfaatkan limbah kelapa.

1.Usaha Media Tanam

Di masa pandemi yang masih terjadi hingga saat ini, peningkatan orang yang hobi berkebun masih terus bertambah. Menjalankan usaha jual media tanam bisa dijadikan sebagai solusi untuk mendapatkan tambahan income. Apalagi buat kalian yang saat ini menekuni usaha jual beli kelapa atau jualan es kelapa muda, limbahnya bisa dimanfaatkan sebagai media tanam.

Media tanam sabut kelapa masih menjadi primadona sebagai campuran atau pun media tanam utama untuk menanam tanaman hias dan buah. Cocopeat sebutan media tanam dari sabut kelapa, terbukti bisa digunakan untuk semua jenis tanaman.

2.Usaha Kerajinan Tangan

Limbah paling umum digunakan sebagai bahan pembuat kerajinan tangan adalah tempurung atau batok kelapa. Nilai jualnya pun bermacam – macam tergantung kreatifitas kerajinan tangan yang kalian ciptakan.

Di pasaran, banyak kerajinan dari tempurung kelapa seperti asbak, lampu hingga gelas unik bisa diciptakan. Untuk harganya pun sangat bervariasi mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 300.000. Semakin kalian kreatif, maka nilai jual barangnya pun akan semakin tinggi.

3.Bahan Campuran Obat Nyamuk

Usaha ini, masih jarang dilakukan oleh masyarakat pada umumnya. Kalian bisa memanfaatkan tempurung kelapa sebagai bahan campuran dari obat nyamuk bakar. Nantinya, tempurung kelapa akan diubah menjadi tepung dan dicampurkan dengan berbagai bahan kimia lain.

Dalam proses pembakaran obat nyamuk, tempurung kelapa mempunyai kemampuan dalam hal menghambat proses pembakaran sehingga obat nyamuk mampu bertahan hingga berjam – jam. Untuk menjalani bisnis ini, tentu kalian harus bekerja sama dengan pabrik sebagai pemasok atau supplier.

4.Usaha Bahan Campuran Sepatu

Kini ada bisnis populer dalam negeri yang mengadopsi tempurung kelapa menjadi salah satu bagian dalam proses pembuatan sepatu. Ide ini dicetuskan oleh brand sepatu lokal Pijak Bumi. Untuk harga dari sepatunya sendiri berkisar ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.