Hore! THR Beras Bagi Warga Jakarta Bakal Cair Rabu Ini

THR (tunjangan hari raya) berupa bantuan sosial pangan beras untuk masyarakat miskin sudah mulai disalurkan pemerintah di berbagai wilayah Indonesia secara bertahap.

Hore! THR Beras Bagi Warga Jakarta Bakal Cair Rabu Ini
THR Beras Bagi Warga Jakarta Bakal Cair Rabu Ini. Gambar : Antara Foto/Dok. Aditya Pradana Putra

BaperaNews - THR (tunjangan hari raya) berupa bantuan sosial pangan beras untuk masyarakat miskin sudah mulai disalurkan pemerintah di berbagai wilayah Indonesia secara bertahap.

Kepala Bapanas Arif Prasetyo mengungkap pemberian bansos pangan  ini sudah dimulai pada Jumat (31/3) di wilayah Papua dan Yogyakarta, Sedangkan THR beras untuk Jakarta rencananya dibagikan pada Rabu (5/4).

“31 Maret kemarin sebenarnya di Papua dan Yogya sudah dimulai pembagian THR beras, secara bertahap ini, Jakarta segera ya. Hari Rabu untuk Jakarta oke” tutur Arif pada Senin (3/4).

Arif menyebut bansos pangan ini berupa beras 10 kg untuk 21,3 juta keluarga penerima manfaat selama tiga bulan yakni Maret, April, dan Mei 2023. Untuk bantuan pangan lain berupa telur dan daging ayam, baru bisa mulai disalurkan pada minggu kedua bulan April, adapun bantuan juga diberikan selama tiga bulan sebagaimana beras. 

“Minggu kedua bulan April bisa berjalan, kita sedang meregulasi, ini perintah dari Pak Presiden Jokowi, jadi ada bansos pangan untuk saudara kita yang memang membutuhkan, semoga tidak sampai setelah lebaran ya, mulainya jadi dari sekarang” pungkas Arif.

Baca Juga : Bansos Beras Disalurkan Secara Bertahap Mulai Akhir Maret 2023

Bantuan pangan telur dan daging sebenarnya bukan bagian dari bansos pangan, namun bagian dari upaya untuk mengurangi jumlah keluarga stunting atau risiko  stunting.

Diketahui daging ayam dan telur ayam ialah makanan bergizi yang sangat baik untuk tubuh, bisa mencegah stunting pada balita dan anak juga bermanfaat untuk kebutuhan tubuh orang dewasa. Namun tidak semua orang bisa membelinya, masih banyak yang belum mampu menjangkau secara ekonomi, sebab itu pemerintah memberi bantuan ini.

“Ayam dan telur itu bukan bansos, tapi itu untuk keluarga risiko stunting, itu ada 1,4 juta warga” tutup Arif.

Maka bagi masyarakat yang merasa tidak mampu atau termasuk KPM (keluarga penerima manfaat) bisa segera menanyakan kepada pejabat desa setempat tentang bantuan ini.

Diharapkan bantuan pangan ini bisa membantu masyarakat miskin agar tetap tercukupi gizinya mengingat di masa ramadhan dan lebaran umumnya permintaan bahan pangan naik sehingga harga bahan pangan juga ikut naik.

Bagi warga miskin Jakarta akan mendapat bantuan THR beras 10 kg pada Rabu (5/3), untuk daerah lain akan dibagikan dalam waktu berdekatan dari tanggal tersebut.

Baca Juga : Tunjangan Insentif Guru Madrasah Non PNS Dibuka 7 April, Cek Syarat Pengajuannya!