Honda Buka Jasa Servis Motor Listrik Konversi

Honda resmi membuka jasa servis motor listrik konversi di bengkel resminya. Baca berita ini untuk informasi lebih lanjut.

Honda Buka Jasa Servis Motor Listrik Konversi
Honda Buka Jasa Servis Motor Listrik Konversi. Gambar : Detik.com/DAM

BaperaNews - Bengkel untuk motor listrik konversi kini sudah tersedia cukup banyak di Indonesia seiring dengan langkah pemerintah untuk memperbanyak kendaraan listrik dengan pemberian subsidi. 

Kini tidak hanya bengkel umum yang tersedia, perusahaan resmi Honda buka jasa servis motor listrik. Technical Division PT Astra Honda Motor Reza Rezdie memastikan motor listrik konversi kini bisa diservis di bengkel resmi servis motor listrik Honda.

Pemilik hanya perlu membawa kendaraannya tanpa syarat khusus ke Honda buka jasa servis motor listrik.

“Konsumen datang artinya kan butuh servis kendaraan, kita sebagai APM yang punya bengkel resmi tentu menerima konsumen Honda” kata Reza di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Meski demikian, servis motor listrik Honda yang dilayani hanya di luar komponen konversi saja alias servis kecil. Untuk servis yang lebih rumit seperti memperbaiki baterai, perangkat elektrifikasi, konektor, dan lainnya pihaknya mengaku lepas tangan dan belum bisa menanganinya. 

Baca Juga : Syarat Penerima Subsidi Motor Listrik Akan Ada yang Dihapus, Apa Itu?

“Kita bantu kebutuhan konsumen untuk servis motor listrik Honda, tapi yang di luar komponen konversi” imbuhnya.

Lebih lanjut, Reza menjamin motor Honda yang telah dikonversi menjadi kendaraan listrik otomatis hangus masa garansinya, sebab perangkat di dalamnya telah dirombak menjadi komponen dan mesin kelistrikan bukan lagi kendaraan bertenaga BBM.

Meski kehilangan garansi pabrik, pemilik motor Honda konversi tidak perlu khawatir, sebab tetap ada garansi dari Kementrian ESDM setelah kendaraan tersebut dikonversi.

Hal ini ditegaskan oleh Koordinator Kelompok Kerja Pengembangan Usaha Konservasi Energi Kementerian ESDM Devi Laksmi, bahwa garansi akan ditanggung oleh bengkel rekanan pihak pemerintah yang melakukan konversi kendaraan. Garansi paling lama ialah untuk komponen baterainya.

“Itu garansi di komponen utama, ada baterai, kontroler, dan BLCD. Itu masing-masing ada petunjuk teknisnya. Baterai 3 tahun, BLDC 2 tahun, dan kontroler 1 tahun. Jadi tipenya satu-satu, per kendaraan, bukan sampling” pungkas Devi.

Pengujian motor listrik konversi juga dilakukan secara ketat dan bertahap, kemungkinan adanya malfungsi atau kesalahan sangat minim.

Namun untuk lebih meyakinkan pengguna, garansi tetap diberikan. Jadi pengguna bisa servis kendaraan listriknya di bengkel konversi maupun langsung di tempat servis Honda buka jasa servis motor listrik konversi sesuai jenis servis atau tipe keluhan yang dirasakan secara berkala.

Baca Juga : Simple! Begini Cara Beli Motor Listrik Subsidi Lewat PLN Mobile