Hati-Hati! Ada Situs PeduliLindungi Palsu Yang Bisa Curi Data Pribadi

Awas! ada situs pedulilindungi palsu, data pribadi bisa dicuri. Perhatikan hal ini !

Hati-Hati! Ada Situs PeduliLindungi Palsu Yang Bisa Curi Data Pribadi
Gambar : ANTARA FOTO/ZABUR KARURU

BaperaNews - Sebuah aplikasi PeduliLindungi kini semakin banyak dipakai oleh masyarakat dan ternyata hal itu dapat menyebabkan banyak orang jahat membuat situs palsunya. Anda harus lebih teliti agar tidak tertipu dengan situs palsu tersebut.

Juru Bicara Kemenkominfo yaitu Dedy Permadi mengklarifikasi bahwa benar adanya situs PeduliLindungi palsu yang memiliki nama serta tampilan yang mirip dengan situs aslinya. 

Situs palsu tersebut bertujuan untuk farming/memanen data nomor telepon, nama lengkap serta alamat rumah Anda.

Dalam keterangannya kepada detikINET pada hari Kamis (09/09/2021), Dedy berkata bahwa ditemukan sebuah situs ‘farming’ nama dan tampilannya sama persis dengan situs aslinya PeduliLindungi. Akan tetapi, situs tersebut palsu.

Situs palsu itu bernama https://www.pedulilindungia.com/. Apabila diperhatikan secara detail, maka Anda dapat mengetahui bahwa terdapat tambahan huruf A pada situs tersebut. Apabila Anda click situs tersebut melalui browser akan terdapat notifikasi Not Secure dari Google.

Dedy menghimbau bahwa situs tersebut telah mengumpulkan data pribadi masyarakat secara ilegal, oleh karena itu jangan diklik. Sementara itu, Kominfo pun telah bertindak.

Dedy menjelaskan bahwa Kemenkominfo telah melakukan pemutusan akses terhadap situs palsu pedulilindungia.com. Kini, situs tersebut tengah berada pada proses update sistem dari masing-masing ISP (Internet Service Provider).

Kemudian, Dedy menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mengakses situs resmi  pedulilindungi.id dan aplikasi resmi PeduliLindungi yang tersedia di App Store dan Google Play store.

Terakhir, Dedy mengingatkan bahwa apabila mendapatkan sebaran terkait PeduliLindungi dan disuruh klik link, perhatikan link tersebut dengan detail agar tak tertipu.