Ganjar-Mahfud Tak Hadir di Pelantikan Prabowo-Gibran

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tidak hadir dalam acara pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Ganjar-Mahfud Tak Hadir di Pelantikan Prabowo-Gibran
Ganjar-Mahfud Tak Hadir di Pelantikan Prabowo-Gibran. Gambar : Dok. Merdeka

BaperaNews - Mantan calon presiden Ganjar Pranowo dan mantan calon wakil presiden Mahfud MD tidak hadir dalam acara pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang berlangsung di Gedung DPR/MPR RI, pada Minggu (20/10). 

Meski tidak hadir, Ganjar tetap menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo melalui sebuah video yang diunggah di media sosialnya.

Dalam video tersebut, Ganjar mengucapkan, "Hari ini saya menyampaikan selamat kepada Bapak Prabowo Subianto atas pelantikan sebagai Presiden Republik Indonesia."

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada berbagai elemen masyarakat yang telah mendukung pencalonannya bersama Mahfud MD, termasuk guru, petani, nelayan, tenaga kesehatan, dan pekerja kreatif. 

Ganjar menekankan pentingnya kolaborasi untuk masa depan bangsa, dengan mengatakan, "Sekarang saatnya kita bergerak bersama. Indonesia adalah milik kita semua, dan masa depan hanya bisa kita bangun dengan pemikiran dan tindakan yang baik hari ini."

 Ia menutup pernyataannya dengan ajakan untuk bergandeng tangan dan bekerja sama demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

"Mari kita bergandeng tangan, bekerja bersama, dan berkomitmen demi masa depan Indonesia yang lebih mulia," ungkapnya.

Acara pelantikan presiden berlangsung pada pukul 10.30 WIB, di mana Prabowo Subianto resmi menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Baca Juga : Puan Pastikan PDIP Tidak Akan Masuk Kabinet Prabowo-Gibran

Dalam pelantikan ini, Prabowo mengucapkan sumpah jabatan dengan berjanji untuk menjalankan tugasnya sebaik-baiknya dan memegang teguh Undang-Undang Dasar. 

"Bismillahirrahmannirrahim, Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Prabowo di hadapan tamu undangan.

Setelah Prabowo, Gibran Rakabuming Raka juga mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden. Dalam pernyataannya, ia menegaskan komitmennya untuk menjalankan tugasnya dengan baik dan berbakti kepada negara.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Gibran.

Pelantikan ini dihadiri oleh berbagai pejabat negara, tamu undangan, dan masyarakat. Seusai pengambilan sumpah, Prabowo dan Gibran menandatangani berita acara pelantikan, yang kemudian diserahkan oleh pimpinan MPR. 

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pemilu Presiden 2024.

Pasangan ini berhasil meraih 96.214.691 suara atau 58,59% dari total suara sah nasional, serta memenuhi syarat memperoleh sedikitnya 20 persen suara di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia. Penetapan hasil pemilu ini mencakup 38 provinsi dan 128 wilayah di luar negeri.

Baca Juga : Kondisi Kurang Sehat, Megawati Dipastikan Absen di Pelantikan Prabowo-Gibran