Fakta Menarik Terkait Bioetanol, BBM Terbaru Pertamina

Dalam waktu dekat, PT Pertamina akan meluncurkan BBM terbarunya yang bernama bio etinol di seluruh wilayah Indonesia. Simak selengkapnya!

Fakta Menarik Terkait Bioetanol, BBM Terbaru Pertamina
Fakta Menarik Terkait Bio Etinol, BBM Terbaru Pertamina. Gambar : mypertamina

BaperanewsPT Pertamina akan luncurkan BBM (bahan bakar minyak) jenis baru bernama bioetanol dalam waktu dekat. Vice President Corporate Communication PT Pertamina Fadjar Djoko menyampaikan produk akan dijual untuk umum dalam waktu dekat.

“Launching mudah-mudahan dalam waktu dekat ya” kata Fadjar hari Selasa (13/6).

Belum diungkap berapa perkiraan harga maupun jadwal pasti tanggal rilisnya. Namun Fadjar telah memberi gambaran seperti apa kualitas dan karakter dari BBM jenis baru Pertamina tersebut.

Fakta BBM Bio Etinol yang Segera Diluncurkan PT Pertamina

1. Punya RON95

Fadjar menjelaskan, fakta BBM Bio Etinol baru Pertamina ini punya RON (research octane number) 95. Sebelumnya Pertamina punya produk serupa dengan nama Pertamax Plus.

Namun, BBM baru Pertamina ini nanti beda dengan Pertamax Plus. Untuk nama produk juga belum disampaikan, Fadjar memastikan nama produk hanya akan disampaikan ketika peluncuran.

“Ini nanti Pertamax dicampur dengan Etanol 5%” terang Fadjar.

2. Dijual Perdana di Surabaya, Jawa Timur

Produk Bioetanol ini juga tidak akan dijual secara serentak di waktu yang sama di Indonesia, penjualan merata ke seluruh wilayah Indonesia akan dilakukan secara bertahap. Produk kemungkinan dijual secara perdana di Surabaya, Jawa Timur. Uji coba penjualan pertama dilakukan di wilayah tersebut.

3. Harga Lebih Mahal?

Untuk harga, Fadjar juga belum mengungkapnya. Harga Pertamax sendiri di DKI Jakarta saat ini Rp 12.400/liter sedangkan Pertamax Turbo Rp 13.600/liter.

Pengamat Ekonomi Energi dari Universitas Gadjah Mada Fahmy Radhi berpendapat harga BBM baru Pertamina ini akan lebih mahal.

“Dengan blending itu harganya jadi mahal, Untuk Pertalite kan Rp 10.000, diblending jadi Rp 12.000. Maka nanti naik subsidinya, begitu juga Pertamax” komentar Fahmy.

Baca Juga : Tanggapan Pertamina Tentang Kebakaran Truk Tangki BBM di Tol Merak-Tangerang

4. Kualitas Lebih Baik dari Pertamax

Corporate Secretary PT Pertamina Irto Ginting mengklaim BBM baru Pertamina ini lebih bagus dari Pertamax dari sisi kualitas dan keramahan lingkungan.

“Yang jelas di atas Pertamax, tapi di bawahnya Pertamax Turbo ya” sambung Irto dalam kesempatan berbeda.

5. Bahan dari Tumbuhan dan Energi Terbarukan

Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan produk BBM baru Pertamina ini dibuat dengan energi terbarukan dari bahan tumbuhan yang difermentasi. Etanol ialah bahan yang dibuat dari tanaman seperti tebu.

“Etanol dari molasses tebu. Ini cuma tetes tebu aja, jadi tidak akan rebutan dengan pabrik gula, Pabrik gula tetap jalan. Tetes tebunya potensi besar kita. Selain tebu juga bisa dibuat dari jagung, singkong, cassava” jelas Nicke.

6. Lebih Ramah Lingkungan

Fakta terakhir tentang BBM baru Pertamina ialah lebih ramah lingkungan. Bioetanol bisa mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 43% termasuk CO2, Nitrogen Oksigen, dan Partikel PM2 sehingga meningkatkan bauran energi terbarukan dengan target 23% di tahun 2025.

Penurunan emisi terjadi karena etanol berperan sebagai gasohol yang memiliki nilai oktan RON 128 sehingga pencampurannya dengan bensin akan menaikkan kadar oktan dan kualitas dari pembakaran BBM tersebut.

Itulah 6 fakta BBM Bio Etinol baru Pertamina, semoga bisa jadi gambaran untuk Anda dalam memahami kelebihan dan kekurangannya.

Baca Juga : Siap-Siap! Pertamina Akan Luncurkan BBM Baru Pada Juni 2023