Fahd A Rafiq : Tindakan Itu Inti Dari Eksistensi Manusia

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq mengatakan bahwa tindakan merupakan suatu inti dari eksistensi manusia. Simak selengkapnya!

Fahd A Rafiq : Tindakan Itu Inti Dari Eksistensi Manusia
Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq mengatakan bahwa tindakan merupakan suatu inti dari eksistensi manusia. Gambar : Instagram.com/@dpp.bapera

BaperaNews - Ketua Umum DPP Bapera, Fahd El Fouz A Rafiq mengatakan bahwa aktivitas manusia yang paling tinggi adalah tindakannya, karena satu satunya makhluk hidup yang butuh mikir adalah manusia. Dan tindakan itu adanya di ruang publik yang berhubungan langsung dengan orang lain. Pesan itu ia kutip dari Hannah Arendt.

Tak hanya itu, Fahd A Rafiq juga menjelaskan bahwa berpikir itu suatu dialog antara aku dengan diriku ( me and myself ). Maka dari itu, tindakan merupakan suatu hal yang sangat penting, sebelum melakukan tindakan , berpikir harus sudah jalan terlebih dahulu.

Seperti hal nya, kalau kita lapar butuh makan itu instingtif, tapi ketika dalam berpikir “mau makan apa?” nah itu kan artinya sebelum melakukan tindakan pasti ada pemikiran. 

Hannah Arendt mengatakan kalau tindakan adalah inti dari eksistensi dari manusia. 

Tindakan adalah cermin dari pemikiran, selama ini filsafat selalu pertanyakan “apakah manusia itu?”. Tapi tindakan lebih dalam seharusnya “siapakah manusia itu?”.

Tindakan bisa mengungkapkan makna dari “siapa kamu?”. Manusia itu ditentukan oleh eksistensialis, eksistensinya bukan esensinya. Esensi dibentuk oleh eksistensi

Tindakan juga bisa menjawab pertanyaan dari “Siapa aku?”, bukan “Apa aku”. Filsafat selama ini selalu sibuk dengan pertanyaan “Apa aku?”.

Fahd A Rafiq menjelaskan bahwa satu teori tidak bisa diterapkan oleh semua orang. Setiap manusia pasti memiliki pertanyaan yang berbeda-beda, jangan “Apa”, tetapi “Siapa”. Jadi, setiap manusia itu ditunjukkan dari aktivitas sehari-hari. 

Penulis : ASW

Baca Juga : Fahd A Rafiq: Makna Filosofis Idul Adha Itu Pengorbanan