Fahd A Rafiq: Rumah Sakit Citra Arafiq Sawangan Di Bangun Untuk Mengobati Orang Miskin

Komisaris Utama Rumah Sakit Citra Arafiq, Fahd A Rafiq menegaskan bahwa tujuan Rumah Sakit Citra Arafiq Sawangan di bangun untuk mengobati orang miskin.

Fahd A Rafiq: Rumah Sakit Citra Arafiq Sawangan Di Bangun Untuk Mengobati Orang Miskin
Rumah sakit Citra Arafiq Sawangan di bangun untuk mengobati orang miskin. Gambar : Istimewa

BaperaNews - Menko Perekonomian RI, Ir. Airlangga Hartarto menyatakan bahwa kehadiran Rumah Sakit Citra Arafiq secara tidak langsung membantu mengatasi kemiskinan di Indonesia. Sebab, sudah banyak keluarga yang menjadi miskin karena kepala keluarganya sakit sehingga tidak bisa lagi bekerja.

Menurutnya, dengan hadirnya Rumah Sakit Citra Arafiq yang berkawasan di Sawangan, nantinya bisa mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan dalam sebuah keluarga. 

Sebelumnya, pada lima tahun lalu tepatnya 2017, Rumah Sakit Citra Arafiq telah berdiri kokoh di Kelapa Dua Depok. Dan pada Rabu, 12 Muharram 1444 Hijriah, Rumah Sakit Citra Arafiq yang berada di Sawangan telah diresmikan langsung oleh Ir. Airlangga Hartarto (Menko Perekonomian RI). 

Dalam acara peresmian Rumah Sakit Citra Arafiq itu juga dihadiri oleh beberapa tokoh, seperti: 

  1. Ir. Airlangga Hartarto (Menko Perekonomian RI).
  2. Hasto Kristiyanto (Sekjen DPP PDI Perjuangan).
  3. Agus Gumiwang Kartasasmita (Menteri Perindustrian RI).
  4. Yahya Zaini (Ketua Bidang DPP Partai Golkar).
  5. Farabi A Rafiq (Ketua Golkar Kota Depok).
  6. Tajudin Tabri (Wakil Ketua DPRD kota Depok).
  7. Hendrik Tangke Allo (Wakil Ketua DPRD Kota Depok).
  8. Mustafa M Radja (Sekjen DPP Bapera).
  9. Syamsurachman (Bendum DPP Bapera).
  10. Faisal Amsir (Ketua umum Brigade Bapera).
  11. Ilyas Indra (Ketum DPP KNPI).

Hingga sejumlah anggota DPRD Depok dari Fraksi Partai Golkar dan PDI Perjuangan juga turut hadir dalam peresmian Rumah Sakit Citra Arafiq di Sawangan. 

Dalam kesempatan tersebut Ir. Airlangga Hartarto juga menandatangani Monumen Peletakan batu pertama, sebagai simbol peresmian Rumah Sakit Citra Arafiq Sawangan dan Hotel Raja Kuta Mandalika.      

Tak hanya itu, Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto juga menjelaskan bahwa para dokter merupakan salah satu pelopor kemerdekaan Bangsa Indonesia bersama para pejuang perintis kemerdekaan lainnya disertai semangat kebangsaan yang berjuang melalui Organisasi Budi Utomo. 

“Karena dokter ini memiliki jiwa kemanusiaan dan tujuan negara Indonesia salah satunya adalah bagaimana kita memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan disini faktor rumah sakit menjadi suatu hal yang sangat penting sebagai suatu infrastruktur yang menghadirkan fungsi utama negara di dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakatnya,” ujar Hasto Kristiyanto.

Baca Juga : Peresmian Rumah Sakit Citra Arafiq Sawangan

“Ketika melihat rumah sakit ini kita percaya bahwa aspek aspek kemanusiaan dan kerakyatan itu juga dikedepankan dan ini juga solusi dimana pemerintah yang masih berjuang melawan pandemi,” lanjut Hasto Kristiyanto. 

“Di media sosial baik Whatsapp, Facebook, Instagram, Twitter, sering kali tertulis ucapan banyak orang mendoakan supaya kita selalu sehat. Ketika orang lain merayakan hari lahirnya. Dititik inilah kita bisa lihat bagaimana kesehatan menjadi nilai yang penting dalam hidup manusia. Karena faktor kesehatanlah sebuah peradaban besar akan tumbuh dan melahirkan insan yang paripurna,” pungkas Hasto Kristiyanto.

Ketua Umum DPP Bapera yang juga Komisaris Utama Rumah Sakit Citra Arafiq juga mengatakan bahwa “Rumah Sakit Citra Arafiq ini diperuntukkan untuk orang miskin yang membutuhkan pelayanan kesehatan baik pengobatan maupun perawatan. Posisi Rumah Sakit Citra Arafiq ini berbatasan langsung dengan dua wilayah yaitu bogor dan tangsel, 60% masih di wilayah depok, 40% masuk wilayah bogor dan tangsel sehingga menjadikan rumah sakit ini sangat strategis.”

Fahd A Rafiq juga mengatakan dirinya akan turun langsung bersama tim untuk bakti sosial ke masyarakat dan siapa yang datang berobat ke Rumah Sakit Citra Arafiq akan diberikan sembako.

“Insya Allah Rumah Sakit Citra Arafiq yang ke-3 akan dibangun kembali di Semarang dan Maluku,” imbuhnya. 

Inilah yang menyebabkan mengapa Fahd A Rafiq sangat konsen dan fokus membangun rumah sakit. Selain karena kesehatan, rumah sakit ini dapat mengatasi kemiskinan. Akan tetapi, dari kesehatanlah sebuah peradaban besar mulai lahir dan tumbuh, bukan hanya kesehatan fisik akan tetapi kesehatan mental. 

Ketua Umum DPP Bapera beberapa waktu lalu mengatakan, “hakikat kesehatan adalah harmoni, artinya keadaan yang selaras dari dimensi fisik, sosial, teologis dan historis.”

Komisaris Utama Rumah Sakit Citra Arafiq ini menjelaskan bahwa harmoni pasti akan ada konflik atau tegangan. Namun, konflik dan tegangan itu harus ditata sedemikian rupa sehingga menjadi perubahan, dan bukan malah menghancurkan.

Dan pembangunan kesehatan adalah suatu upaya yang harus dilaksanakan oleh komponen anak bangsa yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang.

“Hal tersebut agar terwujudnya derajat kesehatan masyarakat Indonesia  yang setinggi tingginya, dan menjadi investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomi untuk lebih cepat dan efektif dalam menggapai Indonesia emas di tahun 2045,” kata Fahd A Rafiq. 

“Orang yang sudah dalam tahap Makrifat, kesehatan adalah harta terpenting akan tetapi orang yang masih dalam tahap syariat kekayaan dunia adalah harta terpenting. Disinilah saatnya kita memadukan antara kekuatan spiritual dan materi agar terjadi keseimbangan menuju keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara untuk mencapai Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Nantinya, setiap jam istirahat di Rumah Sakit Citra A Rafiq selalu diputar lagu-lagu lawas penyanyi dangdut kondang mendiang A.Rafiq,” tutup Fahd A Rafiq

Penulis : ASW