Fahd A Rafiq Mendukung Adanya GISAID Academy Yang Resmi Berdiri di Bali

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, mendukung penuh adanya program Gisaid Academy yang resmi berdiri di Bali. Simak selengkapnya!

Fahd A Rafiq Mendukung Adanya GISAID Academy Yang Resmi Berdiri di Bali
Fahd A Rafiq Mendukung Adanya GISAID Academy Yang Resmi Berdiri di Bali. Gambar: Fahd A Rafiq. Doc: Istimewa

Bapera News - Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan platform data sains dunia GISAID menggelar pendirian GISAID Academy di Kura Kura Bali. Dengan akademi genomik permanen ini, Indonesia ingin memajukan surveilans patogen berstandar internasional.

GISAID telah berperan vital sejak merebaknya pandemi COVID-19 dengan berbagi data genomik virus corona secara luas. Kini GISAID Academy hadir untuk meningkatkan kapasitas tanggap Indonesia menghadapi ancaman patogen masa depan.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan bahwa kita harus membangun ketahanan dari wabah yang sering terjadi saat ini di seluruh dunia.

“Ketahanan diri terhadap wabah saat ini harus dijaga mulai dari diri sendiri, dengan adanya platform tambahan maka kita juga semakin dapat menjaga keadaan kondisi kita.” Ujar Fahd A Rafiq, Senin (4/12).

Baca Juga: Industri Otomotif Kendaraan Listrik Indonesia Berbenah Menuju Masa Depan, Fahd A Rafiq: Era Masa Depan Segera Dimulai

Menkes Budi menambahkan bahwa kehadiran GISAID Academy menegaskan andil Indonesia dalam menjaga keamanan kesehatan global. Ini pula tanda kolaborasi Kemenkes dan GISAID memasuki level kerja sama baru setelah sukses menangani COVID-19.

Sementara itu, Presiden GISAID Peter Bogner menjelaskan bahwa akademi ini menyediakan kurikulum pengajaran genomik yang komprehensif. Mulai dari teknik dasar PCR hingga bioinformatika next-gen sequencing, semua diajarkan guna siapkan talenta unggul.

 “GISAID Academy ini merupakan salah satu komitmen dengan data yang memiliki tingkat pengembangan yang tinggi untuk menyelamatkan nyawa, GISAID ini juga menjadi sumberdaya yang penting untuk akses ilmu.” Ujar Fahd A Rafiq, Senin (4/12).

GISAID Academy menempati Kampus United In Diversity (UID) Bali yang terinspirasi filosofi Tri Hita Karana. Di sana tersedia fasilitas canggih berpadu alam indah Bali demi suasana belajar harmonis.

“UID bangun kepercayaan buat masa depan bersama. Jadi GISAID Academy hormati kedaulatan data dan etika ilmiah serta hak semua pihak,” ujar Presiden Kehormatan UID Sir Gordon William Duff.

Kehadiran GISAID Academy menjadi bukti kembali komitmen Indonesia dalam memajukan riset kesehatan berstandar internasional. Harapannya, akademi genomik ini bisa melahirkan talenta yang unggul dan andal dalam penanganan ancaman patogen global.

Baca Juga: Fahd A Rafiq Dukung Langkah Pemerintah Indonesia Terapkan Strategi Jitu Lewat Reformasi Ekonomi

Penulis : Ahmad G