TNI Perkuat Kerjasama Dengan Singapura, Fahd A Rafiq : Perkuat Kerjasama Bilateral Angkatan Laut

Kunjungan Chief of Navy Singapura ke TNI AL menghasilkan kesepakatan peningkatan profesionalitas latihan bersama.

TNI Perkuat Kerjasama Dengan Singapura, Fahd A Rafiq : Perkuat Kerjasama Bilateral Angkatan Laut
TNI Perkuat Kerjasama Dengan Singapura, Fahd A Rafiq : Perkuat Kerjasama Bilateral Angkatan Laut . Gambar : Dok.Istimewa

Bapera News - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI, Muhammad Ali menerima Courtesy Call Chief of Navy, Republic of Singapore Navy (RSN), Rear Admiral (RADM) Sean Wat di Gedung Utama Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (13/07). 

Pertemuan ini sebagai sarana untuk memperkuat kerja sama bilateral antara Angkatan Laut kedua negara, kedua pimpinan Angkatan Laut ini sepakat dalam peningkatan profesionalitas latihan antara kedua negara dan menunjukkan dukungan timbal balik yang kuat. 

Pada pertemuan tersebut, Kasal menyampaikan ungkapan terima kasih atas partisipasi RSN pada sejumlah event internasional yang digelar oleh TNI AL seperti pada kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) tahun 2023 dan kegiatan Pasific Amphibious Leaders Symposium (PALS) di Bali. 

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz Arafiq menyampaikan, pertemuan Angkatan Laut kedua negara tersebut sebagai kerja sama bilateral, dalam pertemuan tersebut menyepakati untuk peningkatan profesionalitas latihan bersama antar kedua negara, untuk terus saling memberi pengetahuan masing-masing negara, dan menunjukan hubungan timbal balik yang kuat.

“TNI Angkatan Laut menerima kunjungan Pemimpin Angkatan Laut Singapura RADM Sean Wat, kunjungan tersebut adalah melakukan kerja sama bilateral kedua negara, dalam pertemuan tersebut, diketahui kedua negara menyepakati untuk terus meningkatkan profesionalitas latihan bersama antar kedua negara, dan akan menunjukan dukungan timbal balik yang kuat.” Ujar Fahd A Rafiq.

Fahd  A Rafiq juga menyampaikan dukungan, perihal kerja sama bilateral Angkatan Laut antara Indonesia dan Singapura, dalam rangka kerja sama tersebut, semoga banyak memberikan efek positif Angkatan Laut kedua negara, serta memberikan manfaat yang lebih besar bagi kedua negara dalam menghadapi tantangan keamanan maritim di kawasan ini.

“Saya sangat mendukung kerja sama bilateral Angkatan Laut Indonesia dan Singapura, semoga memberikan efek positif untuk kedua negara, serta memberikan manfaat yang besar bagi kedua negara dalam menghadapi tantangan keamanan maritim dikawasan tersebut.” Tutup Fahd A Rafiq.

Senada dengan itu, pemimpin Angkatan Laut Singapura RADM Sean Wat menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang hangat dari TNI AL. Terkait dengan kerjasama pada aspek latihan, Angkatan Laut Singapura akan mengirimkan dua kapal perangnya yaitu RSS Endeavour dan RSS Vigour pada Latihan Super Garuda Shiled 2023 yang akan dilaksanakan mendatang. 

Selain melaksanakan Courtesy Call dengan Kasal di Mabesal, dalam lawatannya di Indonesia kali ini, RADM Sean Wat beserta delegasi juga dijadwalkan untuk melaksanakan pertemuan dengan Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia, serta mengunjungi Koarmada II Surabaya.

Penulis : FNID