Erick Thohir Pastikan FIFA Bolehkan Suporter Piala Dunia U-17 Bawa Bendera Palestina

Ketua PSSI, Erick Thohir, memastikan bahwa bendera Palestina akan diizinkan berkibar di semua pertandingan liga dan Piala Dunia U-17 di Indonesia.

Erick Thohir Pastikan FIFA Bolehkan Suporter Piala Dunia U-17 Bawa Bendera Palestina
Erick Thohir Pastikan FIFA Bolehkan Suporter Piala Dunia U-17 Bawa Bendera Palestina. Gambar : Dok.PSSI

BaperaNews - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, telah memastikan melalui koordinasi dengan FIFA bahwa bendera Palestina akan diizinkan berkibar di semua pertandingan liga dan Piala Dunia U-17 yang berlangsung di Indonesia.

Keputusan ini merupakan dukungan kepada hak berekspresi dan hak asasi manusia (HAM) serta menunjukkan komitmen kuat untuk Palestina.

FIFA menganggap pengibaran bendera Palestina sebagai simbol dukungan pada kemanusiaan dan perlindungan HAM, dan PSSI dengan tegas menegaskan bahwa tidak akan ada pelarangan atau sanksi terkait hal ini.

Erick Thohir juga menyoroti isu yang beredar tentang adanya sanksi terhadap klub Persiraja, yang diduga terkait dengan pengibaran bendera Palestina.

Erick mengklarifikasi bahwa sanksi tersebut sebenarnya tidak terkait dengan pengibaran bendera Palestina, melainkan lebih terkait dengan tindakan suporter yang melakukan pitch invasion (menerobos ke lapangan).

Baca Juga : Arab Saudi Dipastikan Akan Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

PSSI telah mengadopsi standar keamanan yang ketat setelah peristiwa di Kanjuruhan, dan tindakan seperti pitch invasion tidak diperbolehkan.

Ketua Komite Hukum PSSI, Ahmad Riyadh, menjelaskan bahwa pengibaran bendera Palestina sebenarnya bukan hal yang dilarang.

PSSI tidak memberikan sanksi terhadap pengibaran bendera Palestina; sebaliknya, mereka mendorong aspirasi suporter untuk mengekspresikan solidaritas mereka di bangku dan tribun stadion, sebagaimana yang sering terjadi di berbagai liga sepak bola di seluruh dunia.

Namun, Riyadh menegaskan bahwa pitch invasion, atau tindakan suporter yang masuk ke lapangan, tetap melanggar peraturan dan berpotensi mengancam keselamatan, sehingga tindakan ini tetap tidak diperkenankan.

Selama beberapa tahun terakhir, PSSI telah menunjukkan komitmennya terhadap Palestina dengan menjalin hubungan khusus antara federasi sepak bola Palestina dan PSSI. Keduanya telah menjalin kerja sama dan uji coba, yang merupakan bukti dari komitmen Indonesia terhadap Palestina.

Bahkan, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, telah menawarkan Indonesia sebagai tuan rumah bagi Palestina dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026. PSSI telah berusaha untuk menjalankan peran positif dalam mendorong kesadaran internasional tentang isu Palestina.

Effendi Gazali, seorang pakar komunikasi politik Indonesia dan pemerhati sepak bola, juga memberikan dukungannya terhadap pengibaran bendera Palestina. Ia mengajak masyarakat sepak bola Indonesia untuk mengibarkan bendera Palestina di semua pertandingan liga dan Piala Dunia U-17.

Menurutnya, ini adalah saat yang tepat bagi bangsa Indonesia untuk menunjukkan bahwa mereka adalah bangsa besar dan mampu berdiri di panggung internasional.

Baca Juga : Jadwal Timnas Indonesia di Putaran Kedua Piala Dunia 2026