DPD RI Siapkan Dana Rp 18 M Untuk Renovasi Toilet dan Ruang Kerja

DPD RI mengalokasikan dana yang fantastis untuk renovasi ruang kerja dan toilet. Rencana tersebut menuai perhatian publik dan memunculkan pertanyaan terkait penggunaan anggaran tersebut.

DPD RI Siapkan Dana Rp 18 M Untuk Renovasi Toilet dan Ruang Kerja
DPD RI Siapkan Dana Rp 18 M Untuk Renovasi Toilet dan Ruang Kerja. Gambar : Detik.com/Dok. Hary Lukita Wardani

BaperaNews - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI anggarkan dana fantastis hingga Rp 14,4 Miliar untuk renovasi ruang kerja dan Rp 4,8 Miliar untuk renovasi toilet.

Rencana DPD RI siapkan dana renovasi toilet dan renovasi ruang kerja tersebut termuat dalam situs SiRUP (Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan) LKPP pada hari Rabu (7/6) dengan Kode “RUP 41441097 Pekerjaan Konstruksi Renovasi Ruang Kerja Anggota DPR RI”.

Adapun renovasi toilet dan ruang kerja DPD RI ini bergabung dengan paket pekerjaan berada di satuan kerja Sekjen DPR RI di Jalan Jenderal Gatot Subroto Jakarta dengan sumber dana dari APBN.

“Total pagu senilai Rp 14.151.021.000” bunyi keterangan di situs tersebut.

Jadwal pemilihan penyedia mulai dilakukan Mei hingga Juni 2023 dengan target pemanfaatan pada Desember 2023.

Selain itu juga ada paket “Pekerjaan Jasa Konsultan Pengawas Renovasi Ruang Kerja Anggota DPR RI” kode RUP 41441846 dengan pagu anggaran paketnya Rp 981 juta dan nilai HPS paket Rp 526 juta. Tender proyek masih dalam tahap evaluasi dokumen kualifikasi. 

Baca Juga : KPK Ungkap Nama Tersangka Transaksi Rp349 T Kemenkeu

Proyek Renovasi Toilet DPD RI

Sedangkan DPD RI siapkan dana renovasi toilet senilai Rp 4,9 Miliar untuk memperbaiki toilet di Gedung A dan Gedung B DPR RI dengan nama proyek “Pekerjaan Renovasi Toilet Gedung A dan Gedung B DPR RI” bernomor RUP 43138718.

“Uraian pekerjaan renovasi toilet DPR RI utama dan toilet penunjang di Gedung A tahun anggaran 2023” bunyi keterangan di situs tersebut.

Perbaikan toilet juga memakai dana APBN dengan nilai Rp 4.804.021.000. Rencana tender selanjutnya ialah Pekerjaan Jasa Konsultan Renovasi Toilet Gedung A dan gedung B DPR RI dengan Kode RUP 43138744 pagu anggaran Rp 432 juta nilai HPS Rp 345.487.500.

Pemenang dalam proyek sudah ditentukan yakni PT Rutarona Cipta dengan harga kontrak kerja Rp 287.680.920.

Ketua DPD La Nyalla Mahmud belum memberi penjelasan tentang proyek bernilai fantastis tersebut, belum memberi respon tentang DPD RI siapkan dana renovasi toilet dan renovasi ruang kerja.

Sebelumnya hal serupa sempat terjadi yakni tentang anggaran kebutuhan DPR yang dinilai fantastis seperti proyek pengadaan kalender hingga gorden.

Memang DPR punya hak untuk mendapat ruang kerja yang nyaman untuk menunjang pekerjaannya, namun masyarakat juga butuh lebih banyak bukti dari perjuangan DPR tersebut untuk mementingkan kebutuhan rakyat dan mendengar aspirasi dari masyarakat sebagai perannya di dunia pemerintahan.

Baca Juga : Polisi Tangkap Pelaku Korupsi Rp 400 Juta Dana Study Tour Siswa SMAN 21 Bandung