Dorce Gamalama Meninggal Dunia, Usai Positif Covid-19 dan Miliki Riwayat Komorbid

Kabar duka datang dari artis dan presenter ternama yakni Dorce Gamalama, ia dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (16/02/22) usai positif covid-19 dan memliki riwayat penyakit komorbid.

Dorce Gamalama Meninggal Dunia, Usai Positif Covid-19 dan Miliki Riwayat Komorbid
Dorce Gamalama meninggal dunia. Gambar : DOK. Bidik layar YouTube/ CURHAT BANG Denny Sumargo

BaperaNews - Kabar duka datang dari artis dan presenter ternama Dorce Gamalama. Dikabarkan Dorce Gamalama meninggal dunia usai dirawat intensif dalam beberapa hari terakhir di rumah sakit, pada Rabu (16/2/2022). Dorce Gamalama meninggal dunia usai positif Covid-19

Hetty Soendjaya selaku sahabat dari Dorce Gamalama menyampaikan bahwa Dorce Gamalama meninggal dunia karena terpapar virus Covid-19.

"Iya benar tadi jam setengah 8 meninggalnya di rumah sakit Simprug," kata Hetty saat dikutip dari Kompas.com.

Saat ini jenazah pun masih ditangani oleh pihak rumah sakit dan belum diketahui akan dimakamkan dimana karena proses pemakaman harus mengikuti prosedur protokol Covid-19.

Mimi yang merupakan keponakan Dorce Gamalama menyebutkan bahwa Dorce Gamalama memiliki riwayat penyakit lain selain diabetes. Pada tahun 2019 Dorce Gamalama juga mengidap sakit batu ginjal. Hingga pada pertengahan tahun 2020 hingga tahun 2021 Dorce Gamalam sering bolak-balik rumah sakit. Dorce Gamalama pun sempat mengalami gangguan ingatan dan tidak bisa berjalan sehingga harus mengenakan kursi roda

Saat menjalani perawatan, Dorce Gamalama sempat membuat video yang ditujukan untuk ke beberapa orang. Dalam video tersebut, Dorce mengaku bahwa dirinya membutuhkan bantuan dana untuk biaya perawatan.

Keluarga Dorce Gamalama membenarkan video tersebut. Mereka mengatakan bahwa biaya pengobatan Dorce Gamalama selama ini ditanggung oleh pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sehingga Dorce Gamalama mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP).

Dorce Gamalama terlahir pada 21 Juli 1963 dengan nama asli Dedi Yuliardi Ashadi. Dorce Gamalama mengawali kariernya sebagai seorang komedian yang berpura-pura menjadi wanita. Pemberian nama panggung Dorce Ashadi ini diberikan oleh Myrna yakni pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls.

Untuk mendukung penampilannya Dorce Gamalama pun melakukan operasi ganti kelamin di Surabaya pada tahun 1983. Semenjak memiliki nama panggung Dorce Gamalama yang ia ambil dari nama Gunung Gamalama di Pulau Ternate. Namanya pun semakin dikenal di dunia hiburan.

Ia kerap tampil sebagai pebawa acara di salah satu talk show televise takni Dorce Show di Trans TV pada tahun 2015. Selain itu, ia dikenal juga sebagai seorang penyanyi yang berhasil mencatat rekor muri atas peluncuran Sembilan albumnya dalam waktu lima bulan saja.

Baca Juga : 1 Orang Tewas Tertembak Saat Demo Tambang Sulteng, 4 Polisi Langsung Diperiksa