Dipalak Kakak Kelas, Anak SD di Gresik Buta Gegara Dicolok Tusuk Bakso

Kasus tragis terjadi di Gresik, seorang siswi SD mengalami kebutaan permanen setelah dicolok tusuk bakso oleh kakak kelasnya.

Dipalak Kakak Kelas, Anak SD di Gresik Buta Gegara Dicolok Tusuk Bakso
Dipalak Kakak Kelas, Anak SD di Gresik Buta Gegara Dicolok Tusuk Bakso. Gambar : Purwodianto/DetikJatim

BaperaNews - Seorang siswi kelas 2 di sebuah sekolah dasar (SD) di Menganti, Gresik, Jawa Timur, mengalami tragedi memilukan. Setelah dipalak kakak kelas, siswi tersebut mendapatkan perlakuan keji, mata kanannya dicolok dengan tusuk bakso. Akibatnya, ia mengalami kebutaan permanen pada mata tersebut.

Menurut Samsul Arif (36), sang ayah, insiden tragis mata dicolok tersebut terjadi pada 7 Agustus 2023 saat SD di Gresik sedang mengadakan lomba Hari Kemerdekaan. Semua murid, dari kelas 1 hingga 6, turut serta dalam acara tersebut.

"Saat itu, tiba-tiba anak saya ditarik oleh siswa yang diduga adalah kakak kelas," ungkap Samsul, Jumat (15/9).

SAH, inisial anaknya, kemudian dibawa ke lorong antara ruang guru dan pagar sekolah.

Ketika di lorong, sang anak dimintai uang jajan. Namun, ketika ia menolak, anak-anak yang diduga kakak kelas itu menganiayanya dengan cara yang mengerikan.

"Karena nggak mau (kasih uang jajan), wajah anak saya ditutupi tangan (oleh pelaku), kemudian tusuk bakso itu dicolok-colokkan dari atas ke bawah di bagian mata kanan anak saya," tutur Samsul.

Akibat kejadian tersebut, mata SAH terluka parah. Kerusakan yang diderita SAH bukan hal sepele, setelah dirawat di beberapa rumah sakit di Gresik dan Surabaya, diketahui bahwa syaraf mata kanan SAH rusak permanen.

Baca Juga : Terciduk! Seorang Pengemis Buta Pulang Naik Mobil Mewah Usai Minta-Minta

"Hasil pemeriksaan di RSUD Dr Soetomo menunjukkan mata kanannya buta permanen," kata Samsul.

Menyikapi insiden ini, Samsul merasa kesal dengan sikap pihak sekolah yang dianggapnya menutup-nutupi kasus tersebut. Ia bahkan meminta rekaman CCTV kepada pihak sekolah. Namun, hingga tiga minggu kemudian, pihak sekolah tidak juga menunjukkan rekaman tersebut. 

"Sorry, sorry. Saya punya hak untuk tidak menjawab," ungkap Ummi Latifah, kepala sekolah yang saat ditanya media terkesan enggan memberikan keterangan, pada Sabtu (16/9).

Samsul pun tak tinggal diam. Ia melaporkan kejadian kekerasan yang dialami putrinya itu ke Polres Gresik pada 28 Agustus 2023.

"Iya benar, saat ini masih kami selidiki," kata Kasat Reskrim Polres Gresik AKP Aldhino Prima Wirdhan.

Insiden ini, khususnya berita tentang anak sd dicolok kakak kelas dengan tusuk bakso, sontak menyedot perhatian publik dan memicu kemarahan warganet. Banyak yang menuntut agar pelaku diberi hukuman setimpal, meskipun masih berstatus sebagai anak-anak.

Situasi ini mengingatkan kembali kepada kita semua betapa pentingnya pendidikan karakter dan pengawasan yang ketat terhadap perilaku anak di lingkungan sekolah.

Baca Juga : Implan Mata Dari Kulit Babi Sukses Pulihkan 20 Orang Buta