Di Persawahan Bandung Barat Muncul Lubang Misterius

Warga Bandung Barat, dikejutkan dengan adanya lubang misterius sedalam 10 meter yang muncul di area persawahan pada Senin (30/05/22).

Di Persawahan Bandung Barat Muncul Lubang Misterius
Di Persawahan Bandung Barat Muncul Lubang Misterius. Gambar : Dok Warga/ Adi Haryanto

BaperaNews - Warga di Bandung Barat, Jawa Barat, dikejutkan dengan adanya lubang misterius sedalam 10 meter muncul di area persawahan, lubang diketahui muncul pada Senin pagi 30 Mei 2022. Awalnya, warga setempat yang tinggal di Kampung Cigondok Desa Mandalamukti Kecamatan Cikalongwetan mendengar ada suara gemuruh di persawahan pada jam 04.00 WIB, hal itu membuat warga berdatangan untuk melihat adanya lubang tersebut.

Kepala pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Bandung, Duddy Prabowo, mengungkap warga penasaran dengan adanya suara gemuruh yang berasal dari area persawahan, lalu warga keluar rumah untuk mencari sumber suaranya, setelah mencari sumber suara, ternyata ada satu titik lubang dengan diameter 1 meter dan kedalaman 10 meter di persawahan

“Informasi dari warga, kejadiannya menjelang subuh pada jam 04.00 WIB hari Senin kemarin, ini ialah fenomena alam yang jarang terjadi” ujarnya hari Selasa 31 Mei 2022. Mengingat adanya resiko lubang akan membesar dan muncul pergerakan susulan, warga pun berinisiatif untuk menguruk lubang tersebut dengan tanah.

Diketahui, dalam peristiwa munculnya lubang misterius di area persawahan tersebut tidak memakan korban jiwa dan para warga langsung menutup lubang tersebut dengan tanah. 

“Akhirnya ditutup kembali itu lubangnya dengan tanah dan material brangkal, jadi saat ini sudah ditutup kembali lubangnya” imbuhnya.

Baca Juga : Kebanjiran Penumpang, Eskalator Stasiun Transit Manggarai Rusak

Sementara itu, Kepala Laboratorium Geodesi ITB (Institut Teknologi Bandung), Heri Andreas menjelaskan, lubang misterius yang terjadi di Kampung Cigondok, Bandung Barat itu karena sinkhole atau lubang di tanah terkena erosi dan drainase air.

“Karena ada tanah yang amblas dan kemudian dibentuknya yang bulat itu tipikal sinkhole, muncul karena ada erosi dan drainase di bawah air tanah” jelasnya.

Sinkhole sendiri bisa terbentuk ketika lapisan kapur di bawah tanah dengan kedalaman tertentu larut oleh air yang meresap dari atas tanah ke permukaan dan kemudian jadi saluran air tanah atau sungai bawah tanah.

Kapur yang larut itulah yang akhirnya membuat ruang kosong di bawah tanah karena pada titik itu tidak ada tanah yang menopang sehingga lapisan tanah di atasnya amblas ke bawah. “Di wilayah Padalarang seperti itu kita tahu ada lapisan kapur di bawahnya jadi kemungkinan ada lubang di Cikalongwetan ini karena sinkhole Cuma ukurannya kecil, kalau di Negara lain yang sudah maju teknologinya, sinkhole itu langsung diinjeksi lubangnya, tapi di kita itu diuruk dan sudah langkah yang tepat juga” tutupnya.