Debat Cawapres: Mahfud Md Soroti Peran Korupsi dalam Pembangunan Indonesia

Tim Pemenangan Nasional (TPN) menjelaskan bahwa Mahfud Md menilai korupsi adalah masalah utama yang memperlambat pembangunan di Indonesia.

Debat Cawapres: Mahfud Md Soroti Peran Korupsi dalam Pembangunan Indonesia
Debat Cawapres: Mahfud Md Soroti Peran Korupsi dalam Pembangunan Indonesia. GAmbar : Tangkapan Layar Youtube/@KPU

BaperaNews - Dalam debat calon wakil presiden yang berlangsung di Jakarta Convention Center pada Jumat, 22 Desember 2023, calon wakil presiden Mahfud Md menyoroti peran korupsi dalam pembangunan Indonesia.

Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden Mahfud Md menjelaskan bahwa Mahfud Md menilai korupsi adalah masalah utama yang memperlambat pembangunan di Indonesia.

Direktur Juru Kampanye TPN Ganjar-Mahfud, Choirul Anam, menyatakan bahwa Mahfud Md menilai korupsi terjadi di semua lapisan masyarakat.

"Jadi akar masalah dalam pembangunan kita adalah korupsi," kata Anam dalam sebuah keterangan video.

Anam juga menyatakan bahwa Mahfud Md percaya bahwa pembangunan yang sebenarnya dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat hanya dapat tercapai jika penegakan hukum terhadap para koruptor dilakukan secara tegas.

Baca Juga :  Gibran Rakabuming Dinilai Mengejutkan di Debat Cawapres, Mampu Jawab Keraguan Publik

"Karena kenyataannya, korupsi masih menjadi masalah serius hingga saat ini," tambah Anam.

Dalam debat cawapres, Mahfud Md mengungkapkan bahwa korupsi di Indonesia hadir di tiga sektor yang berbeda, yaitu tanah dan pertambangan, kelautan, serta sektor udara. Pernyataan Mahfud tersebut didasarkan pada hasil penelitian dari Transparency International Indonesia (TII).

"Korupsi ada di berbagai sektor, dari darat, laut, hingga udara. Dalam istilah lain, korupsi telah merasuki kehidupan masyarakat kecil," ujar Mahfud.

Mahfud Md juga menyoroti dampak korupsi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak mencapai tujuh persen karena adanya korupsi yang merajalela.

"Meskipun Indonesia kaya akan sumber daya alam dan manusia, namun masalah korupsi serta kurangnya efisiensi dalam berbagai sektor seperti konsumsi, belanja pemerintah, ekspor-impor, dan investasi menghambat pertumbuhan ekonomi," kata Mahfud.

Debat cawapres 2024 tersebut menghadirkan tiga calon wakil presiden, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md. Sementara capres Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo hanya hadir sebagai pendengar.

Para calon wakil presiden membahas berbagai topik seperti ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, pajak, investasi, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan dalam debat tersebut.

Baca Juga :  Anies Singgung Turunnya Indeks Demokrasi di Debat Capres 2024, Jokowi Beri Tanggapan