Twitter Bakal Luncurkan Centang Emas dan Abu-Abu

Tak hanya centang biru, Twitter bakal luncurkan tiga warna untuk sistem verifikasi akun mulai 2 Desember. Terdiri dari centang biru, centang emas dan abu-abu.

Twitter Bakal Luncurkan Centang Emas dan Abu-Abu
Centang emas dan abu-abu akan muncul di Twitter. Gambar : REUTERS/Dado Ruvic

BaperaNews - Twitter menyampaikan akan memiliki verifikasi warna-warni yaitu emas, abu-abu, dan biru. Dengan peruntukan yang berbeda. Saat ini hanya ada centang biru untuk menginformasikan bahwa akun ialah milik perusahaan, pemerintah, atau publik figur. Beberapa waktu ke depan, jenis warna centang Twitter atau verified akun akan beragam.

Hal ini disampaikan langsung oleh Bos Twitter Elon Musk dalam sebuah cuitan yang ia unggah. Ia menyampaikan Twitter akan punya tiga warna untuk sistem verifikasi akun yakni centang emas, centang abu-abu, dan centang biru.

“Centang emas untuk akun perusahaan, centang abu-abu untuk pemerintah, dan centang biru untuk individu, baik itu pesohor maupun bukan” cuitnya pada Senin (28/11).

Nantinya, centang tersebut bisa didapat dengan membayar biaya langganan atau Twitter Blue US 8 setara Rp 125 ribu perbulan dan supaya centang biru tidak disalahgunakan, Twitter akan melakukan proses verifikasi secara manual.

“Proses mendapatkan centang akan dilakukan manual, memang melelahkan, tapi penting untuk dilakukan” sambungnya.

Cuitan Elon Musk tentang centang emas, centang abu-abu, dan centang biru di Twitter.Gambar : Twitter/@elonmusk

Baca Juga : Serba Serbi Kelabilan Elon Musk Tentang Akun Centang Biru Twitter

Sebelumnya Twitter menerapkan kewajiban biaya langganan untuk para pemilik akun centang biru, siapa saja bisa mendaftar untuk bisa mendapat centang biru, namun kebijakan ini dibatalkan, sebab membuat sejumlah akun palsu muncul.

Akun-akun palsu bahkan membuat identitas orang-orang terkenal dan perusahaan-perusahaan terkenal, termasuk perusahaan Elon Musk sendiri, SpaceX, dibuatkan akun palsu dan didaftarkan centang biru.

Maka agar tidak terjadi hal yang sama, Twitter akan melakukan verifikasi secara manual, hanya mereka yang benar-benar dianggap pantas mendapat centang yang akan disetujui. Maka proses pengajuan juga akan memakan waktu lebih lama.

Pengguna Twitter kelak harus menunggu sekitar 90 hari usai mengajukan centang untuk bisa mendapatkan pengakuan atau verified akunnya.

Centang tiga warna diperkirakan akan diluncurkan pada 2 Desember 2022 mendatang. Dimaksudkan agar jelas identitas pengguna yang memiliki centang tersebut, apakah sebuah akun resmi pemerintah, akun milik perusahaan, atau akun individu yang jadi tokoh publik misalnya artis atau musisi.

Tidak dijelaskan apa fitur baru ini akan berlaku di pengguna Twitter seluruh dunia atau tidak, sebab, benefit dari Twitter Premium atau Twitter Blue saat ini baru tersedia di empat Negara yaitu Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Selandia Baru. Kita tunggu saja.

Baca Juga : Fitur Baru DM Twitter: Video Call, Voice Note Hingga DM Yang Bakal Terenkripsi