WhatsApp Siapkan Fitur Edit Chat, Tak Perlu Khawatir Salah Kirim Pesan

App WhatsApp Siapkan fitur edit chat atau pesan dan bukti tangkapan layar yang menunjukkan pilihan edit untuk pesan yang sudah terkirim.

WhatsApp Siapkan Fitur Edit Chat, Tak Perlu Khawatir Salah Kirim Pesan
Siapkan fitur edit chat di WhatsApp, sedang dalam tahap pengembangan. Gambar : Reuters.com/Dado Ruvic

BaperaNews - Dilansir dari WABetaInfo, WhatsApp sedang menyiapkan fitur baru edit chat atau mengkoreksi pesan yang telah dikirim. Fitur edit pesan ini sudah dalam tahap pengembangan, hal ini telah diungkapkan dan terlihat dari tampilan Whatsapp sebagaimana dilansir dari WAbetainfo.com.

Belum ada informasi lebih lanjut apa pesan bisa diedit selamanya atau dalam jangka waktu tertentu.

Fitur WhatsApp ini diklaim belum tersedia untuk penguji beta namun akan segera dimunculkan. Fitur juga akan disediakan di semua platform, seperti iOS dan desktop.

Kemampuan untuk menghapus pesan terkirim sebenarnya sudah direncanakan untuk hadir di WhatsApp sejak lima tahun lalu, namun baru saat ini terungkap.

Fitur edit chat atau pesan akan sangat berguna untuk pengguna ketika dalam kondisi salah ketik, pesan yang sudah dikirim tidak perlu dihapus atau dikirim ulang.

Selain Fitur Edit Pesan, baru-baru ini WhatsApp juga menambahkan fitur baru yang dibutuhkan pengguna diantaranya mengirim reaksi pesan dan menambah kapasitas anggota grup hingga 512 anggota.

Baca Juga : Kemenkes RI : Himbau Resiko Tinggi Dibekali Wristband Canggih Jamaah Haji

Sebelumnya pada tahun 2016, Twitter sudah membuat wacana fitur edit chat, yakni ketika CEO Jack Dorsey melempar poling kepada pengguna Twitter tentang apa yang paling dibutuhkan. Namun pada tahun 2020, Dorsey menyebut fitur edit pesan kemungkinan tidak akan hadir di Twitter untuk menjaga atmosfer.

Tetapi sejak Elon Musk mengambil alih Twitter, wacana untuk edit pesan kembali hadir, ia juga sudah melakukan edit cuitan dari akunnya dan hasilnya 73,6% pengikut Elon menginginkan tombol edit.

Fitur edit pesan di Twitter dan WhatsApp sendiri akan berbeda. Di Twitter, fitur edit hanya ada dalam konteks mengirim pesan yang sedang dalam pengerjaan atau belum terkirim yang kabarnya akan segera diluncurkan.

Sedangkan di WhatsApp, edit pesan bisa dipakai untuk pesan yang sudah terkirim meski belum ada informasi lebih lanjutnya kapan tepatnya akan dirilis dan bisa dipakai oleh pengguna WhatsApp.

WhatsApp sendiri ialah aplikasi pesan chat yang paling banyak dipakai di Indonesia, tampilannya yang simple namun besar manfaatnya menjadi kecintaan tersendiri untuk para pengguna. WhatsApp disebut sebagai aplikasi chatting paling mudah dipakai.

Hingga kini WhatsApp banyak dipakai di Indonesia tidak hanya untuk kepentingan pribadi bahkan untuk kepentingan pekerjaan dengan pembuatan grup maupun sarana promosi.