Cara Daftar Kartu Prakerja Bulan Februari-Maret 2023

Tak perlu joki, ternyata pendaftaran Kartu Prakerja sangatlah mudah. Simak Cara daftar Kartu Prakerja di Bulan Februari-Maret 2023

Cara Daftar Kartu Prakerja Bulan Februari-Maret 2023
Cara Daftar Kartu Prakerja Bulan Februari-Maret 2023. Gambar: Tangkapan Layar/prakerja.go.id

BaperaNews - Kartu Prakerja 2023 resmi membuka gelombang terbarunya yakni gelombang 48 pada hari Jumat 17/2 pukul 19.00 WIB. Gelombang 48 ialah gelombang pertama yang dibuka dengan skema normal, fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan target peserta gelombang 48 Kartu Prakerja ialah 10 ribu orang. “Hari ini mulai jam 7 malam nanti dibuka Kartu Prakerja Gelombang 48, dibuka dengan kuota 10 ribu orang. Sekali lagi diingatkan, hanya 10 ribu orang” tutur Airlangga hari Jumat (17/2).

Skema normal ialah hal baru yang diterapkan pada sistem pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 48 ini, ada sejumlah perbedaan dengan gelombang sebelumnya yakni dari segi durasi pelatihan, cara pelatihan, dan jumlah insentif.

Durasi pelatihan yang semula 6 jam diperpanjang jadi 15 jam, total insentif dari Rp 3,55 juta jadi Rp4,2 juta per peserta, dan cara pelatihan semula online menjadi pelatihan langsung dan hybrid. Rincian insentif Rp 4,2 juta terdiri dari Rp 3,5 juta untuk biaya pelatihan, Rp 600 ribu bentuk uang tunai, dan pengisian survey Rp 100 ribu selama 2 kali.

Tahap pertama pelatihan offline dan hybrid fokus di 10 wilayah Indonesia yaitu di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Papua, Nusa Tenggara Timur, Bali, dan Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Beredar Penipuan Kartu Prakerja, Ini Modusnya!

Masyarakat yang belum pernah mendaftar atau pernah mendaftar tapi belum lulus dipersilahkan mendaftar mandiri, tak perlu joki. “Silahkan mendaftar secara mandiri ke www.prakerja.go.id secara mandiri tanpa pakai joki” pungkas Airlangga.

Cara Daftar Kartu Prakerja 2023

Sebagai informasi, Kartu Prakerja hanya membuka pendaftaran via online di www.prakerja.com. Tidak ada pendaftaran ke suatu lokasi atau pendaftaran melalui petugas. Berikut cara dan syarat daftar Kartu Prakerja 2023 Gelombang 48 :

  1. Masuk ke www.kartuprakerja.go.id.
  2. Daftar jika belum punya akun, selanjutnya login.
  3. Siapkan alat tulis dan tes motivasi serta kemampuan dasar untuk pendaftaran, klik Gabung di gelombang yang telah dibuka.Tunggu pengumuman, jika lolos sebagai peserta, akan mendapat pemberitahuan secara langsung di laman ww.prakerja.go.id.
  4. Syarat peserta ialah para pencari kerja, pekerja yang diPHK atau yang masih bekerja namun butuh peningkatan kompetensi, bukan pelaku UMKM, tidak sedang menempuh pendidikan normal, dan umur 18-64 tahun.

Kartu Prakerja akan memberi pelatihan sesuai bidang yang diinginkan, bermanfaat untuk keterampilan selama bekerja atau untuk membuka usaha secara mandiri. Segera daftar Kartu Prakerja 2023 selagi gelombang 48 dibuka, semoga sukses!

Baca Juga: Wilayah yang Akan Menerapkan Pelatihan Langsung Kartu Prakerja 2023