Car Free Night Malam Tahun Baru, Ini Jam Sudirman-Thamrin Ditutup

Pemprov DKI Jakarta siap menggelar Car Free Night di jalur Sudirman-Thamrin saat perayaan malam tahun baru 2024. Simak selengkapnya di sini!

Car Free Night Malam Tahun Baru, Ini Jam Sudirman-Thamrin Ditutup
Car Free Night Malam Tahun Baru, Ini Jam Sudirman-Thamrin Ditutup. Gambar : Dok. Jawapos.com

BaperaNews - Pemprov DKI Jakarta telah merencanakan pelaksanaan Car Free Night (CFN) saat perayaan malam tahun baru 2024.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, menyampaikan bahwa jalur Sudirman-Thamrin akan ditutup mulai pukul 18.00 WIB, Minggu (31/12).

Ini merupakan langkah yang diambil untuk memastikan kelancaran perayaan tahun baru di ibu kota.

Penutupan jalur Sudirman-Thamrin dimulai dari pukul 18.00 WIB pada tanggal 31 Desember 2023. Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, mengungkapkan bahwa akan dilakukan rekayasa lalu lintas yang mencakup larangan bagi kendaraan roda empat dan roda dua untuk melintasi jalur tersebut selama pelaksanaan Car Free Night.

Namun, Latif Usman menjelaskan bahwa bus TransJakarta tetap diperbolehkan melintas.

"Yang masih boleh lewat adalah busway (bus TransJakarta). Nah, busway nanti akan kita lihat situasional, kalau memang Bundaran HI sudah penuh, ya pasti akan kita mainkan sampai Semanggi," katanya.

Dalam rangka memastikan kelancaran jalur alternatif, lalu lintas di sekitar Jalan Sudirman-Thamrin akan direkayasa. Kendaraan yang datang dari arah utara dan selatan akan diputar balik ke jalan alternatif untuk menghindari kemacetan yang mungkin terjadi.

Baca Juga: DKI Jakarta Bakal Terapkan Car Free Night Saat Nataru, Catat Tanggalnya!

Sementara itu, untuk pengguna MRT, Latif Usman memastikan bahwa operasional MRT akan tetap berjalan normal.

Bahkan, dia menyampaikan harapannya agar jam operasional MRT dapat diperpanjang untuk mendukung kelancaran transportasi masyarakat.

Pemprov DKI Jakarta telah mengumumkan kebijakan pelaksanaan Car Free Night pada malam tahun baru 2024.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menyatakan bahwa acara tersebut akan digelar pada Minggu, 31 Desember 2023, di Sudirman-Thamrin mulai pukul 19.00 WIB.

Bukan hanya saat malam tahun baru, Car Free Night juga akan diterapkan saat malam Natal 2023.

Kebijakan ini akan dilaksanakan pada Minggu, (24/12), malam. Adapun Car Free Day (CFD) pada pagi harinya tetap akan diberlakukan.

"Saat malam tahun baru, tanggal 31 Desember, akan dilaksanakan Car Free Night di Sudirman-Thamrin mulai pukul 19.00 WIB," ujar Syafrin Liputo.

"Pada Minggu tanggal 24 Desember, akan ada Car Free Day di pagi hari dan Car Free Night di malam hari," tambahnya.

Baca Juga: Ruas Tol Jogja-Solo Bakal Beroperasi Secara Gratis Selama Nataru