Bupati Paluta Pimpin Apel Operasi Ketupat Toba 2023, Program Pengamanan Mudik

Pemerintah daerah Paluta atau Padang Lawas Utara mempersiapkan pengaman arus mudik lewat operasi ketupat 2023

Bupati Paluta Pimpin Apel Operasi Ketupat Toba 2023,  Program Pengamanan Mudik
Bupati Paluta Andar Amin Harahap. Gambar: ist

Paluta - BaperaNews - Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap, S.STP., M.Si., memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat "Ketupat Toba - 2023" yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Senin (17/04/2023).

Turut hadir dalam kegiatan, Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap, S.STP., M.Si, Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Dolly Pasaribu, S.Pt., MM, Kapolres Tapanuli Selatan Imam Zamroni S.I.K., M.H, Dandim 0212/TS Letkol Inf. Amrizal Nasution, Dan Yon C Brimobdasu, Dan Yonif 123/RW, Dankipan C 123/RW, Dan Sub Denpim 1/2-3, Wakapolres Tapsel, Sekretaris Daerah Kab. Paluta, Para Asisten dan Staf Ahli Pemkab Paluta, Ketua MUI Kab. Paluta, Ketua MUI Kab. Tapsel, Ketua FKUB Kab. Paluta, Ketua FKUB Kab. Tapsel, Pimpinan OPD Pemkab Paluta, Pimpinan OPD Pemkab Tapsel, Ka. Kwarcab Kab. Paluta, Ka. Kwarcab Kab. Tapsel, Kapolsek sejajaran Polres Tapsel, Kapos Lantas Polsek sejajaran Polres Tapsel, Personel TNI/POLRI, Personel Satpol PP, Dinkes, Dishub, BPBD, dan Pramuka dan Tamu undangan lainnya.

Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap, S.STP., M.Si., bertindak sebagai Inspektur Upacara, dalam sambutannya membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., menyampaikan Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Tahun 2023 sebagai wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Lebih lanjut, Bupati juga menyampaikan, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada tahun 2022 menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023, atau meningkat 44,8%.

“Oleh sebab itu, Polri bersama Stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui operasi terpusat dengan sandi "Ketupat 2023", selama 14 hari sejak 18 April hingga 1 Mei 2023. Operasi ini telah diawali dengan KRYD tanggal 10-16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi pada 2 Mei hingga 9 Mei 2023,” ucap beliau.

Beliau juga berharap Operasi Ketupat 2023 mampu berjalan dengan baik, sehingga dapat memastikan kelancaran Hari raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan "Mudik yang Aman dan Berkesan" begitu pula pada saat arus balik.

Terdapat beberapa penekanan untuk dipedomi dan dilaksanakan yaitu sebagai berikut: Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, Kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy systen dan pedomi SOP, Pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, Berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik, Pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik, Perkuat sinergitas dan solidaritas antara pengamanan maupun stakeholder terkait.(Haryan).