Awas! Marak Pencurian Berkedok Penyaluran Bansos

Modus Penipuan berkedok Bantuan Sosial marak terjadi, Kali ini Pencurian berkedok penyaluran bansos terjadi di Ngawi, Jawa Timur. Lansia jadi korban!

Awas! Marak Pencurian Berkedok Penyaluran Bansos
Modus Penipuan berkedok Bantuan Sosial marak terjadi, Kali ini Pencurian berkedok penyaluran bansos terjadi di Ngawi, Jawa Timur. Lansia jadi korban! Gambar : ANTARA FOTO/Dok. M RISYAL HIDAYAT

BaperaNews - Pencurian berkedok penyaluran bantuan sosial terjadi di Ngawi, Jawa Timur. Pelaku mengaku sebagai petugas pemberi bantuan sosial dan berpura-pura melakukan pendataan ke rumah warga. Pelaku juga sengaja berdandan rapi untuk mengelabuhi warga.

Dua nenek di Ngawi jadi korban pencurian. Kasat Reskrim Polres Ngawi AKP Agung Joko mengatakan, pelaku penipuan sengaja berbaju rapi ketika datang ke rumah warga. “Dia dandan rapi mengaku sebagai petugas pembagi bantuan sosial” ujarnya Minggu 16/10.

Pelaku pencurian menjalankan aksinya seorang diri, pelaku meminta KTP dan memotretnya, kemudian, korban diminta mengambil dokumen atau barang tertentu yang bisa mengalihkan perhatiannya. Ketika korban lengah, pelaku segera menggasak barang berharga milik korban.

Pelaku sengaja menyasar rumah-rumah yang dihuni oleh lansia, ia bahkan sudah survey dahulu untuk mengetahui dimana korban meletakkan barang berharganya misalnya perhiasan. Korban yang kehilangan uang dan perhiasan kemudian lapor ke polisi.

“Ada dua korban yang sudah lapor dan mereka lansia” imbuhnya. Salah satu korban kehilangan uang Rp 1,3 juta. Korban lain kehilangan uang Rp 485.000 dan kalung emas 10 gram.

Baca Juga : Viral Video Petani Menangis Tanaman Jagungnya Dihancurkan Karyawan SPBUN PTPN IV, Susi Pudjiastuti Colek Jokowi

Polisi saat ini masih menjalankan penyelidikan dan pendalaman kasus pencurian tersebut, pelaku belum ditemukan identitasnya. Polisi masih mencari jejaknya dari keterangan saksi dan identifikasi di lokasi kejadian. “Masih kita dalami” tutupnya.

Hati-hati Modus Penipuan Bansos

Bantuan sosial dari pemerintah sering menjadi harapan di tengah masa sulit, bantuan pemerintah yang diberikan dalam beberapa tahap sangat membantu biaya kehidupan, tak heran banyak yang mengharapkan mendapat bansos. Namun berhati-hatilah, kabar tentang bantuan sosial yang tidak dari pemerintah langsung sebaiknya jangan langsung dipercaya. Pasalnya, tidak semuanya benar.

Pemerintah tidak pernah menurunkan petugas untuk mencari penerima bansos di lapangan. Penerima bansos sudah terdata oleh pemerintah, kalaupun ada pendaftaran maka warga tersebut sendiri yang mengajukan diri melalui aparat desa setempat.

Pengajuan juga bisa dilakukan secara online. Hanya melalui link https://cekbansos.kemensos.go.id. Tidak ada website lain selain link tersebut. Hati-hati. Jika ada pihak atau informasi yang meragukan segera tanyakan ke aparat desa setempat.

Jika mengetahui ada pihak atau oknum yang melakukan penipuan terkait bansos, segera laporkan kepada pihak yang berwajib.

Baca Juga : BSU Tahap 6 Akan Cair, Simak Cara Cek Penerima Lewat HP