Apakah Berbahaya Telan Permen Karet Secara Tak Sengaja?

Masrakat anggap telan permen karet hal berbahaya dan butuh waktu lama untuk lambung mencernanya, simak yuk bahaya atau tidaknya menelan permen karet.

Apakah Berbahaya Telan Permen Karet Secara Tak Sengaja?
Tidak sengaja telan permen karet. Gambar : Unsplash.com/Dok. Joseph Costa

BaperaNews - Permen karet merupakan makanan ringan yang dikonsumsi dengan cara dikunyah tapi tidak ditelan. Permen karet punya beragam rasa yang akan menghilang seiring lamanya pengunyahan. Meski demikian, seringkali tanpa sengaja permen karet ini tertelan.

Seringkali masyarakat menganggap menelan permen karet ialah hal yang berbahaya dan butuh waktu lama untuk lambung bisa mencernanya. Apakah benar tanggapan masyarakat menalan permen karet?

Faktanya, permen karet bisa dicerna dengan baik oleh lambung sebagaimana makanan lainnya, karena terbuat dari pemanis, perasa, dan pewarna buatan sebagaimana permen lainnya. Permen karet karena dibuat dari campuran lemak, resin, emulsier, wax, dan elastomer. Namun memang lambung manusia tidak bisa memecah permen karet dengan mudah.

Meski tak bisa dicerna dengan mudah, sistem pencernaan manusia tetap punya cara untuk mengolahnya. Permen karet akan dicerna terus menerus di usus dan digerakkan menuju bagian akhir sistem pencernaan. Jadi, permen karet akan tetap bisa keluar dari tubuh melalui anus, setidaknya satu sampai dua hari setelah menelannya.

Baca Juga : Jenis Makanan Penambah Berat Badan Orang Dewasa Hingga Bayi

Masyarakat di seluruh dunia bertanya-tanya kalau permen karet sampai tertelan dengan tidak sengaja apakah berbahaya atau tidak.

Apakah Bahaya Menelan Permen Karet?

Permen karet sebenarnya sudah diolah air liur sebelum tertelan, saripati permen karet seperti pemanisnya, sudah diserap tubuh, namun bahan dasar karetnya lah yang tidak bisa diolah tubuh manusia.

Menelan permen karet bisa muncul bahaya yakni penyumbatan di organ pencernaan, yakni pada anak-anak. Hal ini karena organ pencernaan mereka lebih kecil diameternya jika dibandingkan dengan orang dewasa, namun bahaya ini sangat jarang terjadi.

Jadi, jika ada anak-anak atau orang dewasa tidak sengaja menelan permen karet, tak perlu khawatir. Namun tetap harus memastikan bahwa permen karet bukan makanan yang mudah diolah tubuh, jangan sampai sering atau sengaja menelan permen karet yang dimakan, sebab jika berlebihan jelas berbahaya untuk pencernaan.

Permen karet sebaiknya juga tidak menjadi jajanan yang sering diberi kepada anak, sebab kandungan pemanisnya beresiko membuat gigi berlubang, memicu diare, dan bahan pewarna buatan di dalamnya kurang baik untuk kesehatan anak-anak. Jika mengalami masalah atau diare setelah makan permen karet segera kunjungi dokter.

Makan permen sekali waktu tidak masalah, tetap usahakan agar tidak menelannya atau pilih makanan ringan lain yang lebih sehat seperti buah dan sayuran.