Anggota Dewan Teriak "Uhuyy" Khas Komeng di Acara Pelantikan Anggota DPD RI

Teriakan "Uhuyy" khas dari anggota DPD terpilih asal Jawa Barat, Alfiansyah alias Komeng, menggema di acara pelantikan DPR, DPD, dan MPR periode 2024-2029.

Anggota Dewan Teriak "Uhuyy" Khas Komeng di Acara Pelantikan Anggota DPD RI
Anggota Dewan Teriak Uhuyy Khas Komeng di Acara Pelantikan Anggota DPD RI. Gambar : Dok. tvonenews.com

BaperaNews - Pada Selasa (1/10), seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2024-2029 resmi dilantik di Gedung MPR/DPR, Jakarta.

Salah satu momen menarik yang terjadi dalam acara pelantikan DPR tersebut adalah teriakan khas "Uhuyy" dari anggota DPD terpilih asal Jawa Barat, Alfiansyah alias Komeng. 

Jargon ini begitu populer lewat acara televisi "Spontan" yang dipandu oleh Komeng beberapa tahun lalu, dan kembali menggema di ruang sidang pelantikan.

Komeng, yang berhasil terpilih sebagai anggota DPD RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat, hadir bersama rekan-rekannya yang juga akan dilantik. Momen "Uhuyy" itu pun menjadi sorotan saat seluruh anggota dewan telah memasuki ruang paripurna.

Acara pelantikan tersebut berlangsung dengan penuh khidmat, dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya."

Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta Presiden terpilih Prabowo Subianto turut hadir di lokasi sebagai bagian dari proses serah terima jabatan di pemerintahan yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

Pelantikan dipimpin oleh anggota DPR termuda dan tertua, yang secara tradisi memegang peranan penting dalam sidang pertama pasca pelantikan.

Anggota DPR tertua dalam periode ini adalah Guntur Sasono (78 tahun) dari Partai Golkar, sementara yang termuda adalah Annisa Mahesa (23 tahun) dari Partai Gerindra.

Komeng menjadi salah satu anggota DPD dengan perolehan suara tertinggi dalam Pemilu 2024. Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan di tingkat provinsi Jawa Barat, Komeng berhasil mengumpulkan 5.399.699 suara dari 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat. Hasil ini diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat pada Senin (19/3/2024) malam.

“Suara Alfiansyah Komeng sebanyak 5.399.699,” ujar Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Jabar, Ahmad Nur Hidayat, dalam pengumumannya.

Baca Juga : Segini Gaji dan Tunjangan yang Bakal Diperoleh Komeng Jika Menang jadi DPD RI

Dengan jumlah suara yang sangat signifikan ini, Komeng menjadi senator dengan perolehan suara tertinggi di Indonesia, mencatatkan dirinya sebagai figur populer tidak hanya di dunia hiburan, tetapi juga di dunia politik.

Momen unik yang terjadi dalam acara pelantikan adalah ketika Komeng memasuki ruang sidang dan beberapa anggota dewan yang hadir meneriakkan "Uhuyy," sebuah jargon yang melekat pada dirinya sejak masa kejayaannya di dunia hiburan. Jargon tersebut terkenal ketika ia menjadi pembawa acara dalam program televisi "Spontan" yang pernah populer di Indonesia.

Tidak hanya di kalangan publik, jargon ini juga disambut baik oleh rekan-rekan seprofesi Komeng yang turut hadir dalam pelantikan tersebut.

Salah satunya adalah Denny Cagur, pelawak yang kini menjabat sebagai anggota DPR RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Denny dan Komeng sama-sama dikenal sebagai komedian terkenal, namun kini mereka juga aktif berkiprah dalam dunia politik.

Secara keseluruhan, acara pelantikan anggota DPR, DPD, dan MPR untuk periode 2024-2029 berlangsung lancar dan khidmat.

Prosesi pelantikan ini merupakan langkah awal bagi para wakil rakyat yang terpilih untuk memulai tugas mereka di pemerintahan. Pelantikan ini dipimpin oleh pimpinan sementara yang ditunjuk dari anggota tertua dan termuda di setiap lembaga legislatif.

Setelah pelantikan, para anggota DPD yang terpilih akan langsung bekerja untuk menjalankan fungsi mereka sebagai perwakilan daerah, sementara anggota DPR akan mulai bertugas mengawasi kinerja pemerintah dan merumuskan berbagai undang-undang baru.

Bagi Alfiansyah alias Komeng, keterlibatannya dalam politik bukanlah hal yang baru. Sebagai figur publik yang sudah dikenal luas lewat kiprahnya di dunia hiburan, Komeng menggunakan popularitasnya untuk meraih dukungan dari masyarakat Jawa Barat.

Dengan perolehan suara yang mencapai lebih dari 5 juta suara, Komeng berhasil meraih kepercayaan masyarakat untuk duduk sebagai anggota DPD RI.

Komeng berharap bisa membawa perubahan dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Jawa Barat selama masa jabatannya di DPD.

Ia juga menegaskan bahwa dirinya akan fokus pada isu-isu lokal yang menjadi kebutuhan masyarakat di wilayah pemilihannya, serta memastikan suara masyarakat Jawa Barat terwakili di parlemen.

Baca Juga : Real Count KPU Komeng Raup 1 Juta Lebih Suara di DPD Jabar