Budi Arie Resmi Lantik Hokky Situngkir jadi Dirjen Aptika Kominfo

Budi Arie Setiadi melantik Hokky Situngkir sebagai Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika). Simak Berita Selengkapnya!

Budi Arie Resmi Lantik Hokky Situngkir jadi Dirjen Aptika Kominfo
Budi Arie Resmi Lantik Hokky Situngkir jadi Dirjen Aptika Kominfo. Gambar: VIVAnews/Fernando Randy

BaperaNews - Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi secara resmi melantik Hokky Situngkir sebagai Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menggantikan Semuel Pangerapan. 

Pelantikan ini terjadi pada 16 Juli 2024, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 83/TPA Tahun 2024 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Hokky Situngkir dilantik setelah Semuel Pangerapan mengundurkan diri dari jabatannya imbas peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2. 

Menteri Budi Arie Setiadi, dalam keterangan pers yang diterbitkan pada Jumat (19/7), memberikan arahan kepada Hokky untuk fokus menyelesaikan tugas-tugas krusial di bidang Aplikasi Informatika. 

"Secara spesifik, saya memberikan beberapa instruksi yang terbagi dalam dua klaster: kepemimpinan dan tata kelola organisasi, serta pelaksanaan program prioritas," kata Budi Arie Setiadi. 

Menkominfo juga mengharapkan Hokky Situngkir dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan optimal, serta mewujudkan visi besar Presiden Joko Widodo menuju Indonesia Emas 2045 melalui transformasi digital yang bermakna, memberdayakan, dan berkelanjutan.

Baca Juga : Erick Thohir Resmi Angkat Fauzi Baadilla jadi Komisaris PT Pos Indonesia

Sebelum pelantikan Hokky, Semuel Pangerapan mengajukan pengunduran dirinya secara lisan pada 1 Juli 2024 dan surat pengunduran dirinya disampaikan pada 4 Juli 2024. 

Semuel Pangerapan mundur setelah insiden siber yang melibatkan PDNS 2. 

Dalam pernyataannya, Semuel Pangerapan menyebutkan, "Tidak terasa sudah delapan tahun saya bertemu teman-teman, karena semua ada waktunya, ini waktunya saya berpisah."

Hokky Situngkir, yang kini menjabat sebagai Dirjen Aptika Kominfo, akan menghadapi tantangan besar dalam menangani berbagai isu terkait aplikasi informatika dan digitalisasi. Pelantikan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memperkuat tata kelola dan implementasi kebijakan digital di Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berharap bahwa dengan kepemimpinan Hokky Situngkir, berbagai program prioritas di bidang aplikasi informatika dapat berjalan sesuai rencana dan mendukung pencapaian visi Presiden Joko Widodo. 

Hokky diharapkan mampu menghadapi tantangan di era digital ini dan mendorong transformasi yang lebih signifikan di sektor teknologi informasi.

Baca Juga : Budi Arie: Pegawai Kominfo Akan Pindah Bertahap ke IKN Mulai Juli 2024