Ada 4 Jenis Magang! Begini Cara Daftar Magang Magenta BUMN

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat ini membuka program Magang Generasi Bertalenta (Magenta) 2023. Berikut syarat daftar hingga cara daftar magang Magenta BUMN 2023!

Ada 4 Jenis Magang! Begini Cara Daftar Magang Magenta BUMN
Jenis hingga cara daftar program magang Magenta BUMN. Gambar : mediabumn.com

BaperaNews - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan kabar bahagia nih untuk para mahasiswa yang saat ini ingin sekali memiliki pengalaman kerja. Sebab, BUMN membuka program Magang Generasi Bertalenta (Magenta) 2023 pada Senin (16/1).

Kapan magang Magenta BUMN 2023 dibuka? Program magang Magenta BUMN 2023 akan dibuka pada 16 - 22 Januari 2023 mendatang. 

Pendaftaran magang Magenta BUMN 2023 hanya bisa dilakukan secara online melalui website resmi magenta.fhcibumn.com. Sementara itu, untuk pengumuman seleksi magang Magenta BUMN 2023  akan diumumkan pada 23 - 27 Januari. 

Pendaftaran magang Magenta BUMN 2023 tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Oleh karena itu, jika kamu berminat dengan program magang Magenta BUMN 2023 tersebut, silahkan daftar di website yang telah diberikan. 

Dalam program magang kali ini, BUMN menyediakan 4 jenis magang dalam program magang Magenta BUMN 2023. Apa saja jenis magang Magenta BUMN? Adapun jenis magang Magenta BUMN 2023, yaitu magang umum, magang santri, magang merdeka, dan Indonesia Global Internship. 

Baca Juga : SNBP 2023 Kian Dekat! Inilah 40 Prodi Dengan Persaingan Tertinggi Di SNMPTN 2022

Pada umumnya, magang di Indonesia ada yang diberi gaji dan tidak, namun, dalam program magang Magenta BUMN 2023 ini, para peserta akan mendapatkan gaji atau uang saku selama mengikuti program magang. 

Berapa gaji magang Magenta BUMN? Perlu diketahui, dalam program magang Magenta BUMN ini, peserta tidak akan mendapatkan gaji, namun mendapatkan uang saku. Seperti penjelasan dari Direktur Eksekutif FHCI Lieke Roosdianti, besaran gaji uang saku yang diterima oleh peserta dalam program Magenta BUMN 2023 ini, tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan BUMN. 

“Tergantung kebijakan masing-masing BUMN, karena durasi magang bervariasi ada yang bisa satu bulan, dua bulan sampai dengan 12 bulan” ujarnya.

Selain uang saku, para peserta program magang Magenta BUMN akan mendapatkan keuntungan lain, termasuk pengalaman kerja. 

Para peserta program Magenta BUMN 2023 diharapkan memiliki kemampuan atau keahlian tambahan seperti kerja dengan profesional. Ada keuntungan lain mengikuti magang Magenta BUMN ini.

Oleh karena itu, jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut informasi tentang program magang Magenta BUMN 2023, yuk simak keuntungan magang Magenta BUMN 2023, jenis-jenis magang Magenta BUMN 2023, syarat daftar magang Magenta BUMN 2023, berkas daftar magang Magenta BUMN 2023, hingga cara daftar magang Magenta BUMN 2023. 

Baca Juga : Rekomendasi 6 Sekolah Vokasi Di PTN

Keuntungan Magang Magenta BUMN 2023

Untuk mahasiswa yang ingin mengikuti magang Magenta BUMN 2023 tersebut, terdapat beberapa keuntungan magang Magenta BUMN 2023 yang bisa didapatkan oleh para mahasiswa. Apa keuntungan magang Magenta BUMN 2023?

Dalam magang Magenta BUMN 2023, peserta akan mendapatkan peluang untuk melatih soft skill dan hard skill. Sebab, keterampilan tersebut sangat berguna di dalam dunia kerja. 

Tak hanya itu, para peserta juga akan mendapatkan keuntungan lain yaitu mendapatkan sertifikat eksklusif yang telah ditandatangani oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Ketua Umum FHCI Alexandra Askandar. 

Jenis-Jenis Magang Magenta BUMN 2023:

Dalam program magang Magenta ini, BUMN menyediakan 4 jenis magang yang bisa dipilih oleh para peserta. Berikut jenis magang Magenta BUMN 2023.

4 Jenis Magang Magenta BUMN 2023: 

  • Magang Umum

Nantinya, program magang umum memiliki durasi magang yang variatif mulai dari 1-12 bulan dan dapat diikuti oleh siswa dan mahasiswa aktif, termasuk fresh graduate. 

  • Magang Santri 

Program magang BUMN ini tersedia bagi santri berstatus aktif dengan syarat minimal semester 5 untuk diploma dan semester 7 untuk S-1 dari universitas Islam atau pesantren setingkat. 

  • Magang Merdeka

Program Kampus Merdeka BUMN menjadi pengalihan dari Program Magang Mahasiswa Bersertifikat yang sebelumnya telah berjalan di bawah koordinasi FHCI. 

  • Indonesia Global Internship

Program Indonesia Global Internship terbuka bagi mahasiswa aktif pada jenjang S2 atau S3 mancanegara. Dengan begitu, peserta Indonesia Global Talent Internship dapat masuk ke dalam lingkungan kerja BUMN dan berkontribusi langsung pada proyek atau riset di area strategis BUMN. 

Setelah Anda mengetahui keuntungan dan jenis-jenis program magang Magenta BUMN 2023. Penting bagi Anda yang ingin mendaftar program magang tersebut, berikut adalah berkas daftar magang Magenta BUMN 2023, syarat daftar magang Magenta BUMN 2023, dan cara daftar magang Magenta BUMN 2023

Baca Juga : Jadi Syarat Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Simak Cara Buat SKCK Online

Berkas Daftar Magang Magenta BUMN 2023:

  • Foto KTP
  • Transkrip Akademik
  • Curriculum Vitae (CV)
  • Surat Keterangan Mahasiswa Aktif

Syarat Daftar Magang Magenta BUMN:

  1. Lulusan D3, S1 atau mahasiswa yang memiliki jurusan linear atau memiliki keterampilan tertentu di perusahaan BUMN.
  2. Sehat secara jasmani, rohani.
  3. Berkelakuan baik.
  4. Bebas Napza atau Narkoba dan Zat Adiktif Berbahaya.
  5. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia.

Cara Daftar Magang Magenta BUMN 2023:

  1. Buka laman magenta.fhcibumn.com atau Klik Disini.
  2. Buat akun terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran
  3. Jika akun sudah selesai dibuat klik menu Masuk ke Akun
  4. Kemudian klik Lihat Profil data lengkapi seluruh data yang ada di menu Data Pribadi, Informasi Akademik, serta Kelengkapan Data Pemagangan.
  5. Selanjutnya buka menu Lowongan Magang
  6. Pilih lowongan magang lalu klik Daftar Magang

Baca Juga : Simak Daftar 4 PTN yang Akan Buka Jurusan Kedokteran