45 Kapal Hangus Di Dermaga Cilacap, Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran

45 kapal hangus terbakar total ketika terjadi insiden kebakaran di Dermaga Wijayapura, Tambakreja, Cilacap, Jawa Tengah pada hari Selasa (3/5/22).

45 Kapal Hangus Di Dermaga Cilacap, Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran
45 Kapal Hangus Di Dermaga Cilacap, Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - 45 kapal hangus terbakar total ketika terjadi insiden kebakaran di Dermaga Wijayapura, Tambakreja, Cilacap, Jawa Tengah pada hari Selasa 3 Mei 2022, saat ini Kepolisian Resor Cilacap masih menyelidiki sebabnya.

“Ada 45 kapal itu terdiri dari 44 kapal nelayan dan 1 buah tug boat, kami belum bisa merinci secara jelas karena harus mendata dulu apa jenis-jenisnya termasuk GT nya berapa” ujar Kepala Polres Cilacap, Kombes Pol Eko Widiantoro.

Laboratorium Forensik Semarang juga sedang menuju lokasi untuk membantu mengetahui penyebab kebakaran. “Masih dalam penyelidikan” imbuhnya.

Insiden dimulai dari adanya ledakan di salah satu kapal yang sedang bersandar di Dermaga Baterai pada hari Selasa sore sekitar pukul 17.15 WIB, api dengan cepat merembet ke kapal lain di sekitarnya karena posisinya yang berdekatan, bahkan api meluas hingga ke Dermaga Wijayapura yang merupakan tempat penyeberangan menuju Lembaga Pemasyarakatan Pulau Nusa Kambangan.

Satu orang juga dilaporkan terluka karena kebakaran tersebut. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan KPP Basarnas Cilacap I,. Nyoman Sidakarya menyebut korban bernama Yatiman (44), ia selamat namun  mengalami luka bakar.

Baca Juga: 5 Drama Korea Dengan Kisah Tragis Dan Sad Ending!

“Korban bernama Yatiman warga Kelurahan Donan, Cilacap Tengah, dalam keadaan selamat meski menderita luka bakar 25%” ujarnya. Yatiman saat ini dirawat di RSUD Cilacap, ia mengalami luka bakar di wajah, lengan bawah kanan kiri, leher, punggung, dan tungkai kanan kiri.

Nyoman juga menyampaikan, proses pemadaman api masih dilakukan hingga pukul 23.00 WIB, warga yang bertempat tinggal di sekitar lokasi Dermaga pun segera diungsikan ke tempat yang lebih aman serta sudah diberi bantuan.

“Kurang lebih ada 40 KK yang bermukim di sekitar lokasi kebakaran, yang sudah diungsikan ke tempat yang aman, proses evakuasi warga juga dibantu Basarnas, Polres, Satpol PP, Satlakar, Relawan Pokdar, dan para warga lain” ujar Kepala Satpol PP Cilacap, Luhur Satrio yang ikut membantu evakuasi warga.

Upaya pemadaman sendiri dilakukan di jalur darat dan laut melibatkan dua mobil damkar Satpol PP Cilacap, Damkar Pertamina, BPBD Cilacap, Solusi Bangun Indonesia, dan Damkar Pelindo.

Untuk toal kerugian belum bisa dipastikan, namun diperkirakan mencapai Milyaran rupiah mengingat di musim lebaran ini banyak kapal yang pulang.

Baca Juga: 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Liburan Ke Bali!