Wiljan Pluim Dipecat dari PSM Makassar, Siapa Penggantinya?

Setelah 6 tahun bersama, PSM Makassar memutuskan untuk mengakhiri kontrak dengan Wiljan Pluim. Simak selengkapnya di sini!

Wiljan Pluim Dipecat dari PSM Makassar, Siapa Penggantinya?
Wiljan Pluim Dipecat dari PSM Makassar, Siapa Penggantinya?. Gambar : dok. Official PSM Makassar

BaperaNews - PSM Makassar, juara bertahan Liga 1, resmi memutuskan untuk memecat pemain andalannya, Wiljan Pluim.

Keputusan ini diambil setelah pemain asal Belanda tersebut dikabarkan tak lagi cocok dengan permainan tim berjuluk Juku Eja.

Wiljan Pluim, yang telah menjadi bagian dari PSM Makassar sejak 2016, menjadi sorotan pencinta sepak bola Tanah Air belakangan ini.

Ia sudah tak muncul di lapangan untuk delapan laga berturut-turut, meski kontraknya dengan PSM seharusnya berakhir pada Desember 2025.

Keterlibatannya yang mendalam dengan PSM Makassar terlihat dari catatan impresifnya: 47 gol dan 51 assist dalam 178 pertandingan.

Pemecatan Wiljan Pluim dipecat mulai mencuat saat Aksa Mahmud, pendiri Bosowa dan pemilik saham PSM Makassar, menyatakan pemain tersebut sudah terlalu tua untuk tim saat dies natalis Universitas Bosowa.

Menurut Aksa, Wiljan Pluim dianggap kurang cepat dalam permainan. Keputusan ini pun dikuatkan dengan rilis resmi PSM yang dikeluarkan pada Senin (9/10), yang menegaskan bahwa PSM dan Pluim telah sepakat untuk mengakhiri kerja sama.

Bernardo Tavares, pelatih PSM Makassar, memilih untuk enggan berkomentar banyak terkait pemecatan Wiljan Pluim. 

Baca Juga: FIFA: Piala Dunia 2030 Resmi digelar di 6 Negara dan 3 Benua

"Saya hanya pelatih dari tim ini. Saya bukan direktur atau CEO," ujar Tavares pada pertandingan melawan Madura United di Stadion BJ Habibie, Minggu (8/10).

Juru taktik asal Portugal ini menekankan bahwa fokus utamanya adalah mengembangkan pemain dan memastikan tim dapat meraih hasil maksimal di setiap pertandingan Liga 1.

Pencinta sepak bola tentunya mengenali betul nama Wiljan Pluim. Bagaimana tidak?

Pemain yang satu ini telah menjadi figur paling setia dengan PSM Makassar. Setiap kali bicara soal Pluim, otomatis pikiran akan terarah pada PSM.

Bahkan, ia menjadi salah satu motor serangan PSM saat tim ini berhasil meraih gelar juara Liga 1 2022/2023.

Dalam pernyataan resmi PSM Makassar, tim mengucapkan terima kasih kepada Wiljan Pluim atas dedikasi dan kontribusinya selama bertahun-tahun.

"Atas nama keluarga besar, PSM Makassar mengucapkan apresiasi dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pluim," tulis PSM di akun Instagramnya.

Kini, dengan Wiljan Pluim dipecat, pertanyaan besar muncul: Siapa pengganti Pluim di tim PSM Makassar?

Meski belum ada keterangan resmi, Aksa Mahmud sempat menyinggung akan mencari pemain pengganti yang lebih hebat.

Kepergian Wiljan Pluim pasti meninggalkan kesan mendalam, namun kita semua berharap yang terbaik bagi PSM dan Pluim di masa depan.

Baca Juga: Jordi Amat Dicoret Dari Timnas Indonesia Jelang Lawan Brunei