Viral! Seorang Polwan Rela Hujan-hujanan Demi Atur Lalu Lintas di Bekasi

AKP Indira, Kanit Kamsel Satlantas Polres Metro Bekasi Kota, viral setelah video dirinya mengatur lalu lintas di tengah hujan deras tanpa jas hujan. Baca selengkapnya di sini!

Viral! Seorang Polwan Rela Hujan-hujanan Demi Atur Lalu Lintas di Bekasi
Viral! Seorang Polwan Rela Hujan-hujanan Demi Atur Lalu Lintas di Bekasi. Gambar : Kolase Tangkapan layar Instagram/@jktnewss

BaperaNews - Hujan deras yang melanda Bekasi, Jawa Barat, kemarin menyebabkan kemacetan parah di beberapa jalan utama. Di tengah situasi tersebut, sebuah video yang menunjukkan seorang polisi wanita (polwan) mengatur lalu lintas sambil hujan-hujanan viral di media sosial.

Polwan yang terlibat dalam video tersebut adalah AKP Indira, Kepala Unit Keamanan dan Keselamatan (Kanit Kamsel) Satlantas Polres Metro Bekasi Kota.

Video polwan hujan-hujanan yang viral tersebut diambil di Simpang Bekasi Timur, di mana kemacetan parah terjadi sehingga kendaraan nyaris tidak bergerak. Dalam video itu, terlihat AKP Indira yang basah kuyup tanpa mengenakan jas hujan, tetap berdiri tegak di tengah jalan untuk mengurai kemacetan. 

Saat diwawancarai, AKP Indira menjelaskan alasan dirinya turun langsung ke jalan meskipun hujan deras. Dia mengatakan bahwa pada saat itu lalu lintas di Simpang Bekasi Timur sedang sangat padat karena hujan lebat. 

“Jadi kemarin kami perwira lantas mendapat tugas dari Kasat Lantas untuk mengecek jalur kesiapan lokasi kegiatan Palestine 2 di Jalan Ahmad Yani. Saya pantau duluan karena yang lain juga masih sibuk. Di jalur selesai giat pemantauan jalan Ahmad Yani, saya mutar untuk pantau jalan Hasibuan dan Chairil Anwar yang memang kalau hari libur juga suka macet,” cerita Indira.

"Sampai ke Jalan Joyo Martono Simpang Tol Bekasi Timur hujan dan posisi simpang macet. Banyak kendaraan terjebak di simpang. Akhirnya, saya putuskan untuk turun dari kendaraan untuk mengurai kemacetan sebagai tanggung jawab moral saya sebagai anggota Polri tanpa memikirkan hujan dan tidak prepare jas hujan juga. Saya ajak semua anggota yang di pos lantas (Bekasi) Timur untuk bersama-sama mengurai kemacetan di Simpang Tol Bekasi Timur. Begitu ceritanya," lanjutnya.

Baca Juga: Pemuda di Duren Sawit Jadi Korban Penyekapan dan Dianiaya Hingga Berbulan-bulan

Indira juga mengungkapkan bahwa dirinya tidak membawa jas hujan karena ketika berangkat kondisi cuaca masih cerah. Namun, demi kelancaran lalu lintas dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dia tetap memutuskan untuk turun mengatur lalu lintas meski tanpa perlindungan dari hujan.

"Karena memang pas sebelumnya itu belum hujan makanya saya tidak bekali dengan jas hujan. Nah saya pikir lebih baik saya mengatur lalin tanpa jas hujan kemudian lalin jadi lancar daripada saya tidak bergerak sama sekali karena dengan alasan tidak ada jas hujan. Saya niatkan demi pelayanan terbaik kepada masyarakat supaya lancar walau tidak bawa jas hujan harus tetap memberikan pelayanan. Karena kemarin itu macet parah ngunci di tengah dan masyarakat pengguna jalan nggak ada yang mau ngalah karena udah stuck di tengah," sebutnya.

Indira juga menekankan bahwa dia tidak bekerja sendiri. Petugas polisi lainnya, termasuk polisi laki-laki, juga turun ke jalan untuk membantu mengatur lalu lintas. Meskipun dalam video yang viral hanya dirinya yang terlihat, sebenarnya semua petugas telah melaksanakan tugas mereka dengan baik.

"Mungkin polisi cowoknya nggak kelihatan saat ngatur. Sebenarnya semua sudah melaksanakan tugasnya," pungkasnya.

Aksi polwan atur lalu lintas yang rela hujan-hujanan demi mengurai kemacetan di Bekasi mendapat banyak apresiasi dari netizen.

Banyak yang memuji dedikasi dan keberanian Indira dalam menjalankan tugasnya sebagai anggota Polri. 

Baca Juga: WNI Sempat Hilang di Jepang, Ternyata Ditangkap Bawa Sabu