Viral Peserta Curang Saat UTBK SNBT, Ini Langkah yang Diambil Universitas Bengkulu

Universitas Bengkulu menemukan tiga peserta yang berlaku curang saat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) 2023.

Viral Peserta Curang Saat UTBK SNBT, Ini Langkah yang Diambil Universitas Bengkulu
Universitas Bengkulu Temukan 3 Peserta Berlaku Curang Saat Ujian UTBK SNBT 2023. Gambar : Dok. UNIB

BaperaNews - Universitas Bengkulu temukan 3 peserta berlaku curang ketika Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) 2023 pada  Senin (8/5). Diduga ada 4 orang lain yang juga akan lakukan tindak kecurangan sama di tes pada Rabu (10/5).

“Hari Senin ada 3 peserta seleksi yang ditemukan berbuat curang dan langsung kami serahkan ke Polrestabes Bengkulu” tutur Wakil Ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Universitas Bengkulu Yarjohan pada Rabu (10/5).

3 peserta tersebut ikut tes seleksi masuk jurusan kedokteran dengan tujuan Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, dan Universitas Jember. Peserta curang UTBK SNBT bukan warga Bengkulu, mereka hanya ikut tes melalui pelaksanaan di Universitas Bengkulu.

“Pilihan mereka itu jurusan kedokteran yang bergengsi. 2 orang ditemukan ketika pemeriksaan dan mereka tak boleh masuk, 1 lagi ke kamar mandi karena dia tahu temannya diamankan, dia pergi ke kamar mandi dan kami amankan dia disana” imbuhnya.

Cara ketiga peserta curang UTBK SNBT tersebut dengan melakukan video call untuk memperlihatkan soal seleksi dan orang lain yang akan menjawabnya, nantinya jawaban dikirim kembali ke peserta yang berada di dalam ruangan tes.

Baca Juga : Catat! Begini Cara Unduh dan Cetak Kartu UTBK SNBT 2023

“Kami temukan modem, ponsel, kuota internet, dan SIM Card. Kalau hari Rabu tadi pagi kami lacak ada juga yang akan berbuat curang, ada 4 orang yang diduga berbuat curang namun 1 diantaranya kabur” pungkasnya.

Yarjohan menegaskan akan selalu memeriksa sesuai prosedur sebelum dan ketika tes dilakukan. Deteksi dilakukan dengan alat metal dan panitia menemukan ada peserta curang UTBK SNBT.

Universitas Bengkulu menjamin tidak ada kecurangan dalam penyelenggaraan UTBK SNBT 2023 ini, panitia akan melakukan pengawasan dengan ketat agar tidak ada peserta yang bisa berbuat curang selama tes dan peserta yang lolos benar-benar mereka yang berkompeten dan berhak untuk masuk universitas impiannya.

Masuk universitas negeri memang jadi impian banyak anak muda di Indonesia karena dianggap lebih terjamin dalam proses pendidikan dan lebih diperhitungkan ketika telah lulus nanti di dunia kerja.

Karena itu banyak yang berusaha dengan segala cara demi bisa masuk meski dengan cara tidak benar seperti curang ketika tes bahkan ada yang bersedia menyogok atau membayar sejumlah uang. Jika sampai diketahui tindak kecurangan tersebut akan diproses hukum sesuai aturan yang berlaku.

Baca Juga : Daftar 74 Lokasi UTBK SNBT 2023, Ada Lokasi Khusus Tuna Netra!