Viral Pernikahan Adat Banjar, Pengantin Wanita Serok Uang Tunai Rp50 Juta

Video pernikahan adat Banjar di Kalimantan Selatan, viral setelah pengantin wanita menyerok uang tunai Rp50 juta menggunakan sutil di TikTok. Baca selengkapnya di sini!

Viral Pernikahan Adat Banjar, Pengantin Wanita Serok Uang Tunai Rp50 Juta
Viral Pernikahan Adat Banjar, Pengantin Wanita Serok Uang Tunai Rp50 Juta. Gambar : Kolase Tangkapan Layar Titkok/@putttrianamaliaa

BaperaNews - Prosesi pernikahan adat Banjar di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, viral setelah video pengantin wanita menyerok uang tunai 50 juta menggunakan sutil diunggah di TikTok.

Video tersebut, diposting oleh akun TikTok @putttriamaliaa, telah ditonton lebih dari 17,5 juta kali, menarik perhatian warganet dengan cara unik pengantin wanita mengambil uang sebagai bagian dari ritual adat.

Video memperlihatkan pengantin wanita, Putri Amaliah, mengenakan busana serba putih, mengambil uang tunai pecahan Rp100 ribu menggunakan sutil. Uang tersebut diletakkan dalam wadah yang sudah didekorasi.

Ritual ini menarik perhatian ibu-ibu yang kemudian berebut mengambil daun pisang yang ditempeli uang tunai di lokasi pernikahan. Prosesi yang unik ini menjadi bagian dari upacara hantar jujuran dalam pernikahan adat Banjar.

Putri Amaliah, wanita 20 tahun yang menjadi pengantin dalam video, mengungkapkan bahwa pernikahannya dengan Muhammad Rizkhy Chairul digelar pada 19 Juni 2024. Ia menjelaskan bahwa upacara tersebut merupakan bagian dari tradisi hantar jujuran dalam adat Banjar dan Bugis.

“Uang panai atau uang untuk biaya resepsi yang diserok itu jumlahnya Rp50 juta. Uang tersebut diberikan sebagai simbol biaya untuk acara resepsi di rumah mempelai wanita,” ujar Putri.

Baca Juga: Viral Wanita Dinikahkan dengan Kakek-kakek, Pingsan Saat Resepsi

Menurut Putri, uang panai dan seserahan dibawa oleh pihak mempelai laki-laki dan disambut oleh keluarga mempelai wanita. Tradisi ini mencakup berbagai kegiatan, termasuk merebut uang yang ditempelkan pada batang pisang, uang koin yang dibungkus permen gula merah, dan potongan kelapa muda yang dihias.

"Tradisi merebut hiasan uang koin dan kelapa muda ini diyakini membawa banyak berkah," kata Putri. Acara ini biasanya disertai dengan doa selamat, menambah kesakralan momen tersebut.

Video pernikahan ini mendapatkan perhatian luas dari warganet, dengan banyak yang tertarik pada tradisi unik dan meriah tersebut. Beberapa pengguna TikTok menunjukkan rasa penasaran dan kagum terhadap prosesi adat Banjar ini. 

"Awalnya ga ingin nikah. ehhh pas melihat soibah nikah pakek adat ini jadi pengen nikah cepet-cepet," @putrie*****. Pengguna lain, @D_, menimpali dengan rasa penasaran,

"Ini adat mana woyy," komentar lainnya dari akun @d_*****.

Putri mengaku terkejut dengan video pernikahannya yang viral.

"Senang banget soalnya baru aja ada video yang FYP sampai jutaan sebelum sebelumnya ga pernah, tetangga sama keluarga juga ikut kaget dan senang," pungkas Putri.

Pernikahan adat Banjar dikenal dengan serangkaian prosesi yang menggambarkan kekayaan budaya dan tradisi masyarakat Kalimantan Selatan. Ritual hantar jujuran melibatkan pemberian uang panai oleh mempelai laki-laki sebagai bentuk penghargaan dan kesiapan untuk biaya acara pernikahan di pihak mempelai wanita. 

@baperanews.com Video pernikahan adat Banjar di Kalimantan Selatan, viral setelah pengantin wanita menyerok uang tunai Rp50 juta menggunakan sutil di TikTok #nikah #uang #banjar #viral ♬ Ya Lel Ya Leli - Majelis mania

Baca Juga: Viral! Pasangan Murid SMP di Pemalang Menikah, Ketua RT Jadi Saksi