Pria Italia Positif Covid-19, Cacar Monyet, Hingga HIV Secara Bersamaan, Simak Kronologinya

Seorang pria asal Italia (36) diketahui terdeteksi positif penyakit Covid-19, cacar monyet (Monkeypox), dan HIV (Human Immunodeficiency Virus) secara bersamaan.

Pria Italia Positif Covid-19, Cacar Monyet, Hingga HIV Secara Bersamaan, Simak Kronologinya
Pria positif Covid-19, cacar monyet, dan HIV secara bersamaan. Gambar : Unsplash.com/Dok.Marcelo Leal

BaperaNews - Di negara Italia sedang dihebohkan dengan kasus penyakit yang sedang marak. Penyakit ini secara bersamaan dinyatakan positif pada seorang pria, yakni penyakit Covid-19, cacar monyet, dan HIV.

Seorang pria asal Italia (36) diketahui terdeteksi positif penyakit Covid-19, cacar monyet (Monkeypox), dan HIV (Human Immunodeficiency Virus) secara bersamaan.

Dari ketiga penyakit itu baru diketahui saat pria tersebut melakukan perjalanan kek Spanyol selama lima hari pada Juni.

Temuan ini jadi hal yang unik, pasalnya pria Italia tersebut menjadi pasien pertama yang positif atau terinfeksi tiga penyakit berat secara bersamaan (Covid-19, cacar monyet, dan HIV).

Dari pemeriksaan spesimen lesi kulit, saluran pernapasan, sampai tes RT-PCR. Pria tersebut didiagnosis positif terkena cacar monyet dan positif HIV. Genome sequence juga mengkonfirmasi  pria Italia  terinfeksi subvarian omicron BA.5.1 (Covid-19).

Baca Juga : Sejarah Penyakit Cacar Monyet Dari Afrika Hingga Mendunia

Berikut Kronologi Pria Positif Covid-19, cacar monyet, Hingga HIV :

Dinyatakan Positif Covid-19, 2 Juli

Pria asal Italia ini sudah menerima dua vaksin Covid-19 dan sudah pernah positif virus Covid-19 pada Januari lalu.

Namun, anehnya pada 2 juli pria Italia dinyatakan kembali positif  Covid-19 dengan beberapa gejala yakni sakit tenggorokan, sakit kepala, kelelahan, demam, pembesaran kelenjar getah bening, hingga ruam di lengan kirinya.

Muncul Lesi di Beberapa Area Wajah, 5 Juli

Setelah sehari didiagnosis positif Covid-19, pria ini mengalami lesi yang begitu menyakitkan dan dikelilingi ruam di sejumlah bagian tubuh termasuk wajah dan perianal.

Lesi tersebut terus berkembang menjadi pustula. Pria langsung dilarikan ke UGD Rumah Sakit di Catania untuk diperiksa lalu dirujuk ke unit penyakit menular.

Saat di rumah sakit, pria ini dinyatakan positif terkena cacar monyet.

Diketahui, pria tersebut sempat berhubungan seksual dengan sesama pria di Spanyol tanpa menggunakan kondom.

Setelah itu, pria Italia menjalani beberapa tes infeksi menular seksual untuk mengetahui perkembangan tes baru dari penyakit cacar monyet. Namun, sayang sekali pada tes lebih lanjut dirinya menunjukkan terkena positif HIV.

Baca Juga : 5 Fakta Penting Tentang Cacar Monyet Dan Vaksin Yang Disetujui FDA

Keluar dari Rumah Sakit Lalu Isolasi Mandiri, 11 Juli

Pria Italia sempat menjalani beberapa perawatan di rumah sakit dan diberikan obat antibodi melawan Covid-19 atau obat sotrovimab intravena.

Saat 5 hari perawatan, semua gejalanya sembuh dan berlanjut pada 11 juli pria tersebut diperbolehkan pulang dari rumah sakit dan melanjutkan perawatannya di rumah atau isolasi mandiri.

Menurut Para Peneliti tentang Pria Italia yang Terkena penyakit Covid-19, cacar monyet, dan HIV secara bersamaan

Dari kasus tersebut, para peneliti dari University of Catania menjelaskan. Temuan ini bisa menunjukkan bagaimana gejala Covid-19 dan cacar monyet dapat tumpang tindih atau secara bersamaan terjadi.

Kondisi ini dikuatkan dengan bagaimana dalam kasus infeksi berulang, pengumpulan anamnestik, dan kebiasaan seksual yang merupakan hal penting untuk melakukan diagnosis yang benar.

Para peneliti juga menyebutkan kondisi pria ini menjadi satu - satunya kasus kombinasi dari Covid-19, cacar monyet, dan HIV yang terlaporkan. Namun, belum ada bukti yang kuat bahwa kondisi kombinasi atau tiga penyakit secara bersamaan ini bisa memperburuk seseorang yang terkena penyakit tersebut.

"Pandemi Covid-19 hingga kini masih berlangsung dan secara bersamaan ada kasus cacar monyet yang muncul di seluruh dunia pada setiap harinya. Sistem perawatan kesehatan mestinya harus mewaspadai penyakit ini dengan menggencarkan tes diagnostik yang tepat pada subjek yang berisiko tinggi. Hal utama dan yang terpenting untuk pencegahan penyakit tersebut, karena tidak adanya pengobatan yang tersedia secara luas", pungkas para peneliti.

Untuk itu kita semua harus mengetahui dan mencerna dengan baik apa yang sedang terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Bahwa ketiga penyakit ini yakni Covid-19, cacar monyet, dan HIV sedang meradang lagi. Sepatutnya kita wajib mengetahui dasar tentang bagaimana akibat jika kita kurang menjaga kebersihan hingga keamanan untuk berhubungan seksual kepada siapapun, bahkan dengan orang terdekat disekitar kita.

Baca Juga : KPA : Setiap Tahun Temuan HIV AIDS Di Bandung Bertambah 400 Kasus