Ingin Mudik Pakai Kendaraan Listrik? Cek Lokasi SPKLU di Jalur Mudik

Jika Anda ingin mudik, namun tidak mau mengeluarkan uang banyak untuk beli BBM dan inisiatif mudik pakai kendaraan listrik. Simak lokasi SPKLU di Jalur Mudik!

Ingin Mudik Pakai Kendaraan Listrik? Cek Lokasi SPKLU di Jalur Mudik
Lokasi SPKLU di Jalur Mudik. Gambar : mnctrijaya.com

BaperaNews - Sebentar lagi akan tiba hari libur cuti bersama Natal dan Tahun Baru 2023, PLN (Persero) memastikan seluruh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) akan beroperasi baik untuk mendukung mobilitas masyarakat yang hendak liburan atau mudik pada momen Nataru 2023.

Adapun sebanyak sembilan titik lokasi SPKLU di jalur mudik pada Pulau Jawa, SPKLU tersebar di rest area sepanjang jalur mudik, Tol Trans Jawa dari mulai Cikampek hingga Kertosono, Madiun. Berikut 9 titik lokasi SPKLU di jalur mudik pada pulau Jawa.

Baca Juga : Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas, Simak Daftar 8 Tol Gratis Selama Nataru 2023

9 Titik Lokasi SPKLU di Pulau Jawa Melalui Jalur Mudik:

  1. Rest Area KM 519 A (Solo - Ngawi)
  2. Rest Area KM 519 B (Ngawi - Solo)
  3. Rest Area KM 389 B (Batang - Semarang)
  4. Rest Area KM 379 A (Semarang - Batang)
  5. Rest Area KM 626 B (Kertosono - Madiun)
  6. Rest Area KM 207 A (Palikanci - Cirebon)
  7. Rest Area 208 B (Palikanci)
  8. Rest Area Km 10,6 Tol Jagorawi
  9. Rest Area KM 6 (Jakarta - Cikampek)

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan secara nasional pihaknya saat ini sudah menyiapkan 569 unit SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Para pemudik atau masyarakat yang hendak berlibur kini juga tak perlu khawatir untuk membawa kendaraan listriknya. Kami sudah menyiagakan 569 unit SPKLU yang tersebar di 237 lokasi di seluruh Indonesia," kata Darmawan Prasodjo, sebagaimana dikutip dari laman resmi PLN, Kamis (22/12).

Sementara itu, PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung juga menambah dua lokasi SPKLU di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) di Provinsi Lampung menjelang libur Nataru. Dua titik lokasi SPKLU itu berada di Rest Area Tol Trans Sumatera Km 163A yang mengarah ke Sumatera Selatan dan 172 B yang mengarah ke Bakauheni, Lampung Selatan.

Saat ini telah terdapat lima SPKLU, yang beroperasi di Provinsi Lampung setelah sebelumnya pada 2021 PLN UID Lampung mengoperasikan tiga SPKLU yang berada di Rest Area Tol Trans Sumatera Km 20B, Rest Area Tol Trans Sumatera Km 49A dan Els Coffee Roastery Jalan Soekarno-Hatta Bandar Lampung.

Saat ini SPKLU sudah terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile, sehingga masyarakat pengguna kendaraan listrik akan lebih merasa nyaman, mudah dan praktis dalam pengisian daya baterai kendaraan listriknya.

Sebagai informasi , besaran biaya pengisian baterai di SPKLU PLN sebesar Rp2.466 per kWh. Namun jika melakukan pengisian baterai di rumah akan dikenakan biaya sesuai tarif daya kontrak, misalnya pada tarif rumah tangga daya 3.500 VA ke atas, maka biaya pengisian daya baterai sebesar Rp1.699 per kWh.

Baca Juga : Gardu Tol Ditiadakan, MLFF Bakal Diuji Coba 2023 Mendatang