Viral! Anies Baswedan Dipukul oleh Pria Asing di Acara Desak Anies

Dalam video yang berdurasi kurang lebih 1 menit, terlihat Anies Baswedan dipukul oleh pria bertopi dan berkaos putih. Baca selengkapnya di sini!

Viral! Anies Baswedan Dipukul oleh Pria Asing di Acara Desak Anies
Viral! Anies Baswedan Dipukul oleh Pria Asing di Acara Desak Anies. Gambar : KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

BaperaNews - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, menjadi sorotan setelah video pendek beredar luas di media sosial yang menunjukkan seorang pria bertopi putih tampak memukul wajahnya. Kejadian Anies Baswedan dipukul ini terjadi saat dirinya berkampanye di Banyuwangi, Jawa Timur, dalam acara yang dikenal sebagai Desak Anies.

Dalam video yang viral tersebut, terlihat Anies Baswedan tengah berjalan di tengah kerumunan massa pendukungnya. Tiba-tiba, seorang pria berkaos dan bertopi putih mendekati Anies. Tanpa diduga, tangan pria tersebut meluncur ke arah wajah Anies.

Kronologi kejadian Anies ditampar ini memicu beragam komentar dari warganet.

"Pak Anies capek bgt mesti… hampir tiap hari otw kemana-mana, pikirannya diperas… dg kondisi begitu masih bisa sabar itu luar biasa," tulis salah satu netizen. Namun, ada juga yang menyayangkan pengawalan yang dianggap terlalu longgar.

"Seolah-olah Pak Anies DIPUKUL oleh orang berbaju putih dan bertopi putih ini, duh gmana tim pengawalannya kog longgar gitu ya," tulis komentar lainnya dari netizen.

Juru Bicara Anies-Muhaimin (AMIN), Bakhtiar Ahmad Sibarani, memberikan tanggapan terkait peristiwa tersebut. Ia menjelaskan bahwa belum dapat dipastikan apakah peristiwa tersebut disengaja atau tidak.

"Kita perhatikan dulu ini disengaja atau tidak. Bisa saja antusias masyarakat yang ingin bersalaman dengan Pak Anies, tapi malah tangannya secara tidak sengaja mengenai wajah Pak Anies," ujar Bakhtiar.

Baca Juga: Kiky Saputri Desak Pendukung Anies Baswedan: Stop Sebar Video Hoax!

Meski wajah Anies terkena sentuhan tangan pria tersebut, Anies tetap menunjukkan sikap tenang dan bahkan tersenyum. 

"Tapi yang penting kita lihat bagaimana ekspresi Pak Anies usai peristiwa itu, tetap tersenyum. Ini menunjukkan sosok pemimpin yang baik hati," tambah Bakhtiar.

Peristiwa ini menjadi pembicaraan di tengah kampanye yang dilakukan oleh Anies Baswedan dan pasangannya, Muhaimin Iskandar. Dalam agenda kampanye di Banyuwangi, Anies dijadwalkan menjadi pembicara dalam acara Desak Anies di Pantai Belimbingsari, serta menemui Komunitas Adat Osing di Kampung Osing.

Sementara itu, netizen juga memberikan peringatan terkait keamanan Anies Baswedan

"Awas ini bisa jadi kode loh, @aniesbaswedan adalah aset dan harapan berjuta rakyat Indonesia. Mohon ada penjagaan yang wajar, humanis, tetap waspada," ujar salah satu netizen.

Dalam sebuah video berdurasi 1 menit, Anies terlihat berada di tengah kerumunan pendukungnya, berjalan pelan sambil sekali-sekali menjabat tangan para pendukung. Ketika tangan pria bertopi putih itu menyentuh wajah Anies, terlihat Anies merespons dengan tersenyum tanpa menunjukkan ekspresi kemarahan atau ketidaknyamanan.

Dengan kejadian ini, Timnas AMIN berharap agar semua pendukung Anies dapat ikut menjaga keamanan calon presiden tersebut. 

"Kita berharap semua pendukung Timnas AMIN untuk ikut menjaga Pak Anies, agar peristiwa ini tidak terjadi lagi. Kita tidak ingin juga ada framing yang buruk tentang Pak Anies dan pendukungnya," jelas Bakhtiar.

Sebagai bentuk keselamatan dan keamanan, Timnas AMIN mengakhiri agenda kampanyenya dengan kunjungan ke salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Kiai Kholil As'ad, di Pondok Pesantren Walisongo Situbondo, Jawa Timur.

Baca Juga: Anies Dilaporkan ke Bawaslu karena Diduga Mengolok Prabowo dalam Kampanye