TNI AL bersama Masyarakat Laksanakan Program Kali Bersih Nasional 2023, Fahd A Rafiq: Untuk Ciptakan Kelestarian Lingkungan

Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-78 TNI AL, program Kali Bersih digelar di 78 lokasi di seluruh Indonesia dengan fokus di KBN Cilincing, Jakarta Utara.

TNI AL bersama Masyarakat Laksanakan Program Kali Bersih Nasional 2023, Fahd A Rafiq: Untuk Ciptakan Kelestarian Lingkungan
TNI AL bersama Masyarakat Laksanakan Program Kali Bersih Nasional 2023, Fahd A Rafiq: Untuk Ciptakan Kelestarian Lingkungan. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - TNI Angkatan Laut bersama dengan masyarakat menggelar program peduli lingkungan bertajuk “Melalui Program Kali Bersih, TNI AL Bersama Masyarakat Siap Menjaga Kelestarian Lingkungan guna Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

Pada event tersebut TNI AL mengerahkan 13.500 personel tersebar di satuan-satuan TNI AL guna menyukseskan Program Kali Bersih (Prokasih) 2023 yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia.

Kegiatan Prokasih 2023 dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-78 TNI AL dilaksanakan di 78 lokasi satuan TNI AL dan di pusatkan di Kampung Bahari Nusantara (KBN) Cilincing, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (5/9). 

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, mengapresiasi langkah TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan program Kali Bersih Nasional 2023, ini merupakan rangkaian perhatian terhadap kali bersih untuk seluruh wilayah Indonesia.

“Saya sangat apresiasi terhadap TNI Angkatan Laut untuk melaksanakan progam terhadap peduli lingkungan, yang melakukan pembersihan dan menjaga kelestarian lingkungan terutama kali yang ada di seluruh Indonesia, ini upaya agar lingkungan yang ada disekitar masyarakat dapat terjaga.” Ujar Fahd A Rafiq Kamis, (7/9).

Dirinya juga menambahkan, “TNI AL telah menerjunkan sebanyak kurang lebih 13.500 personel yang tersebar di wilayah Indonesia, demi menyukseskan Program Kali Bersih 2023, dengan hal ini harapannya, sungai-sungai yang ada diwilayah Indonesia terjaga dari limbah-limbah yang seharusnya tidak ada di aliran sungai, dan semoga terciptanya kelestarian lingkungan untuk masyarakat.” Tutup Fahd A Rafiq.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr Opsla dan diikuti oleh Pejabat Utama Mabesal, Pangkotama TNI AL wilayah Jakarta, jajaran TNI-Polri dan para stakeholder, tampak hadir pula Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H.

Peserta Program Kali Bersih 2023 yang dilaksanakan di Jakarta, tepatnya di Kali Cilincing melibatkan kurang lebih 1.000 personel peserta yang terdiri dari prajurit 3 matra dan Polri, Basarnas, Pramuka Saka Bahari, Kelompok Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup dan masyarakat setempat yang bermukim di sekitar wilayah Kali Cilincing, Jakarta Utara. 

Kegiatan ini merupakan wujud komitmen TNI AL bersama segenap komponen bangsa untuk mewujudkan kelestarian lingkungan hidup guna mendukung strategi pemerintah dalam pembangunan kesehatan, pemantapan ketahanan air, dan ketahanan nasional, yang telah ditetapkan sebagai salah satu pilar utama untuk mendukung upaya pembangunan yang berkelanjutan dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Diharapkan dengan Program Kali Bersih dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan, khususnya ekosistem sungai. 

Penulis : FNID