Kemenhub Beberkan Tarif LRT Jabodebek, Ada Subsidi?

LRT Jabodebek menawarkan tarif terjangkau dan kenyamanan bagi pengguna. Kisaran tarif bocoran mengindikasikan kemungkinan harga yang lebih murah dibandingkan moda transportasi lain di wilayah penyangga Jakarta.

Kemenhub Beberkan Tarif LRT Jabodebek, Ada Subsidi?
Kemenhub Beberkan Tarif LRT Jabodebek, Ada Subsidi. Gambar : Dok. KAI

BaperaNews - Kementerian Perhubungan belum memutuskan berapa tarif LRT Jabodebek, namun sudah sampaikan bocorannya yang diklaim lebih murah dibanding moda transportasi umum di wilayah penyangga Jakarta lainnya.

“Pastinya lebih nyaman lebih murah daripada angkutan yang dekat, karena ini kan tepat waktu ya, terintegrasi sangat baik, dari Cibubur bisa naik KRL, dari dukuh atas dan angkutan lainnya” tutur Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal pada Selasa (6/6).

Kisaran tarif LRT Jabodebek ialah Rp 5.000 untuk tarif awal dan Rp 750 untuk kilometer selanjutnya. Misalnya untuk perjalanan Cibubur-Dukuh Atas pelanggan hanya perlu bayar Rp 25.000 sudah bisa nikmati transportasi yang nyaman, cepat, dan tepat waktu.

Namun kisaran tarif tersebut menurut Risal masih bisa berubah lantaran masih dalam pertimbangan dan banyak alternatif besaran tarif lain yang diusulkan.

“Tapi ini masih konsep ya, artinya masih bisa berubah karena ada tiga alternatif tarif. Sekarang masih usulan, bukan utusan. Itu usulan yang paling murah paling efisien yang enak dan nyaman bagi pengguna” imbuhnya. 

Baca Juga : LRT Jabodebek Kenakan Tarif Rp 1 Pada Soft Launching

LRT Jabodebek Dapat Subsidi

Sebelumnya Kemenhub memastikan akan memberi subsidi untuk tarif LRT Jabodebek sebesar 35-40%. Subsidi diberikan untuk jarak terjauh yakni dari Harjamukti ke Dukuh Atas.

“Yang jelas ada subsidinya, kita ada public service obligation (PSO). Kalau saya lihat itu skemanya yang jarak terjauh, dari Depok-Harjamukti-Dukuh Atas, komponen subsidinya 35-40%” terang Jubir Kemenhub Adita Irawati.

Tarif Uji Coba LRT Jabodebek Rp 1 Per Penumpang

Tarif resmi LRT Jabodebek memang belum diputuskan, namun pihak LRT Jabodebek memastikan masyarakat bisa mencoba moda transportasi canggih ini dengan tarif sangat murah hanya Rp 1 saat launching nanti pada 12 Juli-15 Agustus 2023 pukul 06.00-22.00 WIB.

Tidak semua masyarakat bisa menikmati promosi menarik ini, hanya mereka yang sudah mendaftar di www.lrtjakarta.co.id saja yang akan mendapat kesempatan. Masyarakat dipersilahkan mendaftar, ada kuota khusus dan pendaftaran akan ditutup jika telah memenuhi jumlah kuota.

LRT Jabodebek ini diperkirakan akan menjadi moda transportasi umum favorit untuk warga Jakarta dan sekitarnya sebagaimana KRL atau commuter mengingat LRT Jabodebek melayani perjalanan jarak dekat dan jauh dengan tarif terjangkau yang bebas dari macet, tepat waktu, dan tentunya nyaman.

Baca Juga : Mulai 1 Juni 2023, Ini Jadwal Lengkap Terbaru KRL Jabodetabek