Taman Bunga Celosia Terbakar, Kerugian Diperkirakan Capai Rp1 M

Kebakaran besar di Taman Bunga Celosia pada 6 Agustus 2024 mengakibatkan kerugian lebih dari Rp1 miliar di restoran Snail Cafe.

Taman Bunga Celosia Terbakar, Kerugian Diperkirakan Capai Rp1 M
Taman Bunga Celosia Terbakar, Kerugian Diperkirakan Capai Rp1 M. Gambar : Dok. Jatengsolopos

BaperaNews - Kebakaran yang melanda Taman Bunga Celosia di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang pada Selasa (6/8) mengakibatkan kerugian yang diperkirakan mencapai lebih dari Rp1 miliar. Insiden ini terjadi di restoran Snail Cafe dan menyebabkan kerusakan parah pada hampir seluruh bangunan restoran.

Direktur Legal Taman Bunga Celosia, Hubertus Setiyono, yang akrab disapa Tyo, mengonfirmasi besarnya kerugian akibat kebakaran tersebut.

"Kerugian karena kejadian hari ini terhitung tinggi ya, untuk bangunan saja mencapai Rp1 miliar," ujar Tyo.

Pada saat kejadian, restoran dalam keadaan tutup dan hanya ada dua karyawan yang sedang membereskan peralatan.

"Keadaan sudah sepi, karena memang setiap hari manajemen tutup pukul 16.30 WIB. Tidak ada konsumen juga di restoran, sehingga tidak ada korban dalam kejadian ini," ungkap Tyo.

Penyebab kebakaran diidentifikasi sebagai kebocoran gas yang disusul dengan korsleting listrik, yang mengakibatkan ledakan dari lampu dan kaca bangunan.

"Untuk bangunan lain kondisi aman, hanya gosong karena terkena asap kebakaran," tambah Tyo.

Laboratorium untuk pengembangan hortikultura yang terletak di bawah restoran juga turut terbakar.

Baca Juga: Gudang Penyimpanan Garam Terbesar di Sumenep Kebakaran, Kerugian Capai Rp192 Juta

"Habis semua itu yang ada di laboratorium (hangus). Karena memang sudah menjelang tutup sehingga tidak banyak yang bisa diselamatkan," paparnya.

Tyo memastikan bahwa karyawan Celosia telah menjalankan prosedur keamanan saat kebakaran terjadi.

"Karyawan sudah mencoba dengan alat pemadam, namun karena di restoran banyak barang yang mudah terbakar, maka api membesar. Selanjutnya kami melapor ke pemadam kebakaran," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Ketentraman dan Perlindungan Masyarakat Satpol PP Kabupaten Semarang, Sri Puji Hartono, mengungkapkan bahwa kebakaran diduga disebabkan oleh korsleting arus listrik yang terjadi di bagian dapur dan merambat ke depan menuju Snail Cafe.

"Karena di sini banyak bahan yang mudah terbakar, seperti karpet sintetis, api mudah membesar," ujarnya.

"Armada yang dikerahkan dari seluruh Pos Damkar Kabupaten Semarang. Pukul 17.30 WIB, sudah bisa dikendalikan dan dilakukan pendinginan," tambahnya.

Kebakaran di Taman Bunga Celosia ini menjadi peringatan penting tentang bahaya kebocoran gas dan korsleting listrik, terutama di area yang banyak memiliki bahan mudah terbakar.

Prosedur keamanan dan kesiapsiagaan karyawan dalam menghadapi situasi darurat sangat penting untuk meminimalkan kerusakan dan kerugian.

Baca Juga: SDN Pondok Bambu 01 Jaktim Kebakaran, Semua Bangunan Dilalap Api