Tak Ingin Cepat Habis? Ini Tips Kelola THR Agar Tak Numpang Lewat

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) memberikan sejumlah tips mengelola uang THR agar bermanfaat dan tidak sekedar numpang lewat.

Tak Ingin Cepat Habis? Ini Tips Kelola THR Agar Tak Numpang Lewat
Tips Kelola THR Agar Tak Numpang Lewat. Gambar : CNN Indonesia/Dok.Safir Makki

BaperaNews - THR (tunjangan hari raya) pastinya menjadi salah satu yang Anda nanti menjelang hari raya lebaran, biasanya THR akan ditransfer oleh perusahaan ke rekening pekerja.

Namun, THR sebaiknya dipakai dengan perhitungan agar benar-benar mendatangkan manfaat dan tidak merugikan Anda di kemudian hari.

Perlu dilakukan perencanaan keuangan, untuk apa saja uang THR akan digunakan, agar tidak sekedar numpang lewat saja. OJK (Otoritas Jasa Keuangan) memberi sejumlah tips kelola THR agar bermanfaat dan tidak sekedar numpang lewat.

5 Tips Mengelola THR : 

  • Membayar Zakat

Tips kelola THR yang pertama dengan cara menyisihkan 10% dari THR Anda untuk membayar zakat, zakat dan infaq ialah wajib bagi umat muslim untuk menyucikan harta, terlebih menjelang lebaran, tentu berbagi pada sesama akan lebih banyak berkahnya.

  • Bayar Hutang

Jika masih punya hutang pada seseorang atau punya cicilan, segera bayar terlebih dahulu jika uangnya memang tersedia. Hindari menunda membayar hutang agar tak terbebani, terlebih jika meminjam di lembaga yang menerapkan denda. Lunasi segera hutang Anda agar tidak berlarut-larut.

Baca Juga : Bakal Cair 18 April, Begini Perbedaan THR PNS dan Swasta 2023

  • Tabung

Hindari berpikir menghabiskan semua THR yang Anda, tetap sisihkan untuk menabung setidaknya 20% dari THR yang Anda terima. Anda juga bisa memulai investasi dengan THR ini.

  • Utamakan Kebutuhan Pokok

Yang tak kalah penting ialah memahami apa saja kebutuhan pokok yang akan dibeli dengan uang THR. Tambah persediaan bahan pokok di rumah untuk kepentingan lebaran, misalnya kebutuhan makanan, kebutuhan untuk mudik, dan kebutuhan dasar untuk anak-anak Anda.

  • Buat Daftar Pembelian

Sebelum menerima THR, tidak ada salahnya membuat rincian daftar belanja yang dibutuhkan untuk lebaran, misalnya berhubungan dengan kebutuhan belanja bahan makanan untuk lebaran, baju untuk anak-anak, uang untuk saudara dan orang terdekat, dan lainnya.

Pastikan dari daftar tersebut masih ada sisa untuk zakat dan untuk ditabung ya, utamakan membeli sesuatu yang penting. Jika sudah punya banyak baju yang layak pakai, tak masalah tidak membeli baju baru. Membeli baju baru tidak harus di hari lebaran, Anda bisa memakai baju terbaik Anda yang ada.

Demikian tips kelola THR agar tidak terbuang sia-sia. Semoga THR Anda segera cair dan bisa mendapat keberkahan serta bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya ya!

Baca Juga : KAI Berikan Diskon Tiket Mudik Lebaran 2023