Sosialisasi Kamtibmas di Kecamatan Haltim

Kapolsek Padang Bolak dan Danramil 05/PB bekerja sama dalam sosialisasi Kamtibmas di Kabupaten Padang Lawas Utara.

Sosialisasi Kamtibmas di Kecamatan Haltim
Sosialisasi Kamtibmas di Kecamatan Haltim. Gambar : Istimewa

Paluta, BaperaNews - Kapolsek Padang Bolak AKP Zulfikar SH bersama Danramil 05/PB Kapten Inf. Jungkarnain Siregar menyampaikan pesan-pesan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (kamtibmas) di hadapan para Kepala Desa dan Perangkat Desa Se-Kecamatan Halongonan Timur (Haltim), Kabupaten Padang Lawas Utara, di Aula Kantor Camat Haltim, Selasa 09 Mei 2023.

Zulfikar jelaskan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi semua kalangan, ada beberapa hal yang disampaikan diantaranya, tentang perampokan, perkelahian, pencurian tindak pidana ringan (tipiring),dan narkoba.

“Bagaimana cara menjaga secara bersama-sama kamtibmas supaya dapat terwujud menjadi aman dan kondusif, khususnya di kecamatan Haltim ini,” ujarnya.

Menurut Zulfikar, dengan melalui sosialisasi ini, diharapkan terwujudnya kamtibmas, serta terbinanya ketentraman yang mengandung kemampuan membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah, dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat di desa masing masing.

Selain itu, Zulfikar juga menegaskan dengan dilaksanakan sosialisasi ini semoga Kepala Desa bisa membina, mendorong, mengarahkan dan menggerakkan masyarakat agar menjadi paham dan taat kepada peraturan perundang-undangan dan norma-norma sosial lainnya serta berperan aktif dalam menciptakan, memelihara dan meningkatkan kamtibmas di desanya.

“Terkait kebakaran hutan (karhutla), saya menghimbau jangan sekali-kali membuka lahan dengan cara membakar, karena sekecil apapun api seperti membakar sampah dapat terdeteksi satelit dimana titik api,” pungkas Zulfikar

Dalam kesempatan ini Danramil 05/PB Kapten Inf.Jungkarnain Siregar juga menyampaikan beberapa hal diantaranya tentang wawasan kebangsaan. 

“Wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri sendiri, lingkungan dan tanah airnya yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945), Bhinneka Tunggal Ika,dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat dalam upaya mewujudkan cita-cita Nasional,” jelasnya.

Danramil menambahkan bahwa pemahaman wawasan kebangsaan sangat penting dan harus disadari bagi setiap orang,khususnya bagi generasi millennial karena hal ini merupakan bentuk rasa cinta terhadap negara Indonesia.

Dalam hal ini Camat Halongonan Timur Muzni Lelo Halomoan Harahap sangat mendukung sosialisasi tentang kamtibmas yang dilaksanakan khususnya di Kecamatan Haltim. 

Ia berharap kamtibmas di seluruh desa yang ada di Kecamatan Haltim selalu terjaga, agar semua masyarakat merasa aman dan nyaman dalam melaksanakan aktivitas sehari hari, dan semoga penyakit masyarakat tidak bermunculan seperti pencurian tandan buah sawit, penyalahgunaan narkoba, curanmor, dan kejahatan yang melanggar hukum lainnya.

Muzni juga di kesempatan kegiatan ini menyampaikan pada para Kepala Desa yang bertempat tinggal di wilayah Rokan Baru supaya menghimbau pada warga dan masyarakat yang membangun rumah atau bangunan lainnya di sepanjang daerah milik jalan supaya ditertibkan.

Penulis : Haryan Harahap.