Simak! Nokia Perkenalkan 6 Teknologi 5G Di Indonesia, Diklaim Ngebut Dan Ramah Lingkungan

Dalam acara MWC (Mobile World Congress) Barcelona, Nokia memperkenalkan teknologi 5G yang dimilikinya dan menyatakan siap untuk dipasarkan ke Indonesia

Simak! Nokia Perkenalkan 6 Teknologi 5G Di Indonesia, Diklaim Ngebut Dan Ramah Lingkungan
Perusahaan Nokia. Gambar : Unsplash.com/Dok. Pawel Czerwinski

BaperaNews - Dalam acara MWC (Mobile World Congress) Barcelona, Nokia memperkenalkan teknologi 5G yang dimilikinya dan menyatakan siap untuk dipasarkan ke Indonesia. Perusahaan asal Finlandia tersebut memamerkan sejumlah inovasi dan produk terbarunya untuk menghubungkan jutaan masyarakat Indonesia dan memberi manfaat sosial ekonomi untuk Nusantara.

Teknologi 5G yang dihadirkan disebut bisa membantu para penyedia layanan komunikasi atau operator seluler untuk mengadopsi jaringan tersebut di teknologi industri.

“Dengan wilayah yang luas dan potensi yang belum maksimal di sejumlah bidang sosial ekonomi, Indonesia akan mainkan peran utama di transformasi digital Asia Pasifik, sebab itu sudah sewajarnya Nokia menjadikan Indonesia sebagai lokasi acara MWC Revisited 2022” ujar Presiden Director Nokia Indonesia KP Goh di Jakarta hari Kamis 2 Juni 2022.

Sejumlah teknologi yang dihadirkan diklaim lebih ramah lingkungan karena memiliki emisi karbondioksida yang rendah dan biaya energi yang juga lebih rendah.

Berikut ini daftar teknologi penunjang 5G yang dihadirkan Nokia :

  1.       Liquid cooled airscale

Berupa jaringan radio yang ramah lingkungan, diklaim bisa mengurangi energi untuk mendinginkan base station agar karbondioksida bisa turun sampai 80%.

  1.       FP5 router

Merupakan bagian paling penting di platform IP Nokia yang bisa memenuhi permintaan tingginya jaringan, kecepatan, dan perlindungan pada jaringan tersebut.

  1.       5G massive MIMO antenna

Teknologi ini membuat penyedia layanan memakai teknik beamforming sebagai metode transisi, diklaim optimal untuk sejumlah scenario transmisi mulai dari perkotaan yang padat hingga cakupan yang luas.

Baca Juga : Banjir Bocor Data dan Hoaks Di Indonesia, Menkominfo Bekerja Sama Dengan Cisco

  1.       MmWave 5G antenna

Sebagai kunci yang menghadirkan kinerja canggih 5G, memiliki bandwith paling tinggi dari semua spectrum untuk 5G.

  1.       FWA

FWA Ialah Fixes wireless access yang memungkinkan pelanggan rumah dan bisnis bisa menikmati jaringan nirkabel setara dengan layanan internet dari kabel optik.

  1.       Enterprise 5G private wireless

Disebut bisa mendukung digitalisasi industry 4.0 yang memudahkan kebutuhan beragam segmen industri.

Nokia sempat popular di Indonesia dengan teknologi Symbian, namun sejak kehadiran Android, Nokia terkalahkan. Kini Nokia siap kembali meramaikan pasar smartphone di Indonesia dengan beragam teknologi barunya tersebut, belum dijelaskan kapan tanggal pasti untuk rilisnya, namun diklaim lebih ramah lingkungan dan berteknologi canggih.