4 Aplikasi Edit Foto Yang Dapat Digunakan Dengan Mudah Melalui Ponsel

Semakin berkembangnya zaman mengedit foto bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan, Pasalnya, Anda dapat dengan mudah melakukannya melalui ponsel. Simak 4 aplikasi edit foto yang dapat Anda gunakan dengan mudah!

4 Aplikasi Edit Foto Yang Dapat Digunakan Dengan Mudah Melalui Ponsel
4 Aplikasi Edit Foto Yang Dapat Digunakan Dengan Mudah Melalui Ponsel. Gambar: Pixabay.com

BaperaNews - Penyuntingan gambar atau yang biasa dikenal dengan mengedit foto merupakan sebuah kegiatan dimana anda melakukan sebuah perubahan pada foto asli. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan foto yang sudah diambil, sehingga membuatnya semakin menarik untuk dilihat. Selain menarik untuk dilihat, menyunting foto juga dapat meningkatkan keahlian atau kemampuan anda terlebih dalam bidang kreatifitas dan multimedia. Selain itu Anda dapat menggunakan aplikasi edit foto untuk mempermudah Anda dalam mengedit foto.

Makna dari mengedit foto pun sangat luas, hanya dengan mengubah pencahayaan pada bagian foto pun sudah termasuk penyuntingan foto. Begitu pula, pengeditan foto dengan menambahkan ornamen-ornamen tertentu sehingga lebih menarik untuk dipandang. Media yang dapat digunakan untuk mengedit foto pun sangat beragam, dengan kemajuan teknologi, pengeditan foto tidak hanya dapat dilakukan di laptop namun juga dapat digunakan pada ponsel genggam. Dengan berkembangnya era digital, fungsi dari pengeditan foto ini pun sangat beragam, salah satunya adalah untuk membagikan hasil karya kita ke sosial media yang memudahkan anda berbagi cerita, pengeditan foto ini juga cukup berperan untuk mengoptimalkan permainan konten anda.

Fungsi Dari Pengeditan Foto

Pengeditan foto cukup memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas gambar yang anda miliki. Fungsi dari pengeditan foto juga terhitung banyak, baik untuk kartu nama, cetak foto, presentasi, bahkan untuk dijadikan meme. Selain itu, ada beberapa fungsi dari pengeditan foto berdasarkan kebutuhannya di era digital.

Kebutuhan Konten Pribadi

Pengeditan foto cukup berperan dalam dunia sosial media, terlebih bagi pengguna Instagram, facebook, maupun tiktok yang kurang lebih berisikan konten-konten digital berupa foto maupun video yang dapat anda lakukan melalui ponsel anda. Kreatifitas anda seolah diuji untuk dapat menarik perhatian followers anda. Jika anda pengguna tik tok, hasil editan anda pun perlu dibuat menjadi sebuah video yang menarik agar dapat masuk FYP. Karena semakin menarik konten yang anda buat, semakin besar engagement yang anda dapatkan.

Kebutuhan Bisnis Di Sosial Media

Selain untuk meningkatkan permainan konten di sosial media, proses penyuntingan foto juga dapat sangat membantu untuk mengoptimalkan hasil foto anda yang kurang maksimal untuk kebutuhan konten bisnis kecil maupun besar. Untuk bisnis besar mungkin sudah dibutuhkan editor yang mampu menggunakan software atau aplikasi yang lebih maju untuk pengeditan gambarnya. Namun bagi bisnis pemula, anda dapat memulainya  dengan menggunakan aplikasi edit foto  yang kompatibel di ponsel anda.

Itulah 2 fungsi dari pengeditan foto yang dapat dilakukan di era digital ini, selain untuk mengoptimalkan konten, penyuntingan foto juga sangat membantu untuk meningkatkan skill atau kemampuan kita dalam mengasah kreativitas. Karena aplikasi edit foto  yang dapat digunakan bisa saja sama, namun hasil yang didapatkan bisa saja berbeda. Tergantung dengan kreatifitas yang anda miliki.

Baca Juga: Samsung Rilis Ponsel Baru Dari Toko Virtual Di Metaverse Decentraland

4 Aplikasi Edit Foto Di Ponsel Yang Memudahkan Pengeditan Foto

Sangat banyak aplikasi edit foto  di Handphone yang dapat digunakan untuk mempercantik foto mu sehingga terlihat lebih menarik dan memikat mata. Selain karena ketergantungan terhadap handphone cukup tinggi, penggunaan edit foto dengan handphone juga sangat jauh lebih mudah untuk dibawa kemana-mana, berikut ini merupakan aplikasi edit foto  yang dapat digunakan di ponsel mu.

  1. Picsart

Picsart merupakan salah satu aplikasi edit foto yang mudah di akses di handphone mu. Aplikasi edit foto  ini gratis, namun jika anda ingin mendapatkan akses-akses tambahan, anda bisa mengubahnya menjadi premium. Fitur yang dapat digunakan pun sangat beragam, bahkan saat anda tidak berlangganan premium. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bahkan untuk pengguna baru sekalipun. Anda juga bisa mendapatkan ide-ide edit foto yang ditawarkan oleh Picsart.

  1.       Canva

Canva bukanlah sesuatu yang asing kita dengar. Sudah banyak pengguna aplikasi canva, untuk membuat kebutuhan konten-nya di aplikasi tersebut. Aplikasi canva memberikan kemudahan overlay gratis yang bisa anda gunakan, namun terdapat beberapa overlay yang hanya bisa digunakan oleh pengguna akun premium. Sayangnya, Canva belum memiliki fitur untuk menghapus background secara otomatis sehingga membutuhkan aplikasi tambahan.  aplikasi edit foto  ini dapat di unduh di handphone teman-teman melalui google play store atau app store.

  1.       Photo Layer

Selain Picsart dan juga Canva, ada tempat edit foto di handphone yang mudah untuk digunakan yaitu dengan menggunakan photo layer. Photo Layer memiliki fitur yang kurang lebih sama dengan Canva. Hanya saja, Photolayer sangat memudahkan para penggunanya terlebih jika kamu ingin menghapus background dari gambar yang ingin kamu edit. Di Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan juga kekurangan tertentu, begitu juga dengan Photo Layer. Photo Layer belum memiliki fitur kumpulan overlay yang disediakan di pada aplikasi tersebut. Namun, Photo Layer memudahkan pengguna untuk menghapus latar foto.

  1.       Ibis Paint

Ibis Paint sesungguhnya merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan gambar digital. Namun, selain untuk menggambar digital, Ibis Paint juga dapat digunakan untuk edit foto sesuai dengan kreativitas penggunanya. Dengan Ibis paint kita dapat menggabungkan antara keterampilan gambar dan juga edit foto dalam satu aplikasi di Handphone-anda. Sehingga, bisa meningkatkan permainan story dan feeds anda dengan lebih kreatif dan menarik.

Itulah 4 aplikasi edit foto  yang dapat anda gunakan untuk mengasah dan mengembangkan kreatifitas anda dalam membuat konten. Apakah dari ke empat aplikasi yang disebutkan diatas, sudah ada aplikasi yang anda gunakan? Semua aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing namun memiliki fungsi yang sama yaitu untuk memudahkan para pengguna nya dalam menyunting foto sesuai dengan kreatifitas masing-masing. Untuk anda yang penasaran untuk mengedit foto dengan menggunakan keempat aplikasi diatas, kalian dapat mengunduh dan mengakses nya melalui ponsel teman-teman secara gratis melalui App Store atau melalui Google Play Store. 

Baca Juga: Arab Saudi Kembangkan Inovasi Cara Kunjungi Ka’bah dan Ibadah Haji Secara Virtual di Metaverse