Jokowi Resmikan Sea Labs Indonesia, Buka Peluang 1000 Talenta Teknologi Lokal Jadi Berkelas Global

Dalam rangka mendorong kemajuan industri digital di Indonesia, salah satu induk perusahaan E-commerce meluncurkan Sea Labs Indonesia yang bergerak di bidang pengetahuan teknologi atau edukasi dan diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi.

Jokowi Resmikan Sea Labs Indonesia, Buka Peluang 1000 Talenta Teknologi Lokal Jadi Berkelas Global
Jokowi Resmikan Sea Labs Indonesia. Gambar: tribunnews.com

BaperaNews - Pertumbuhan ekonomi dan digital di Indonesia semakin meningkat dan membaik setiap tahunnya, Indonesia punya bibit talenta untuk pengembangan ekonomi digital. Untuk mendorong kemajuan industri digital di Indonesia, salah satu induk perusahaan E-commerce meluncurkan Sea Labs Indonesia yang bergerak di bidang pengetahuan teknologi atau edukasi.

Sea Lab menjadi tempat berkumpulnya para warga Indonesia yang punya talenta di bidang teknologi untuk dikembangkan sehingga nantinya bisa berkontribusi dan membuat karya untuk semakin memajukan teknologi.

Hadirnya platform ini sesuai dengan perintah Presiden Jokowi yang ingin menyiapkan manusia Indonesia siap pakai untuk industri digital. Sea Labs Indonesia diresmikan Jokowi secara langsung hari Selasa siang 1 Maret 2022 di Jakarta.

Beberapa kabinet Indonesia Maju juga turut hadir diantaranya Chief Operating Officer  : Sea Ye Gang, Chairman & Group CEO Sea : Firrest Li, dan Director Country Head of Sea Group Indonesia : Kiky Hapsari.

Baca Juga: Partai-Partai Koalisi Pemerintah Pasang Badan Menanggapi Isu Pemilu 2024 Ditunda, Bela Jokowi?

Jokowi mengungkap, inovasi di bidang teknologi bisa menguatkan sistem ekonomi digital di Indonesia. Sea Labs Indonesia mengumpulkan lebih dari 1.000 talenta teknologi lokal untuk bisa bersaing di kelas global, upaya perekrutan dilakukan hingga November 2023.

Para talenta akan dibimbing langsung dan menerima program bimbingan selama 6 bulan yang mencakup ilmu teknik dan dasar ilmu teknologi, bagi talenta digital yang dinilai sudah mapan, akan menjalankan latihan kerja lanjutan di berbagai proyek.

Pengembangan Sea Labs Indonesia ini diharapkan bisa menjadi wadah industri digital Indonesia semakin naik kelas dan didukung pemerintah, juga memberi inspirasi pada pihak lain untuk turut mengembangkan industri digital Indonesia.

Sea Labs Indonesia berlokasi di Pacific Century Place Officer Tower, diluncurkan oleh Sea, perusahaan teknologi yang menaungi Shopee, SeaMoney, Garena, dan sebagainya.

“Kita punya peluang besar, potensi ekonomi digital di Indonesia ini diperkirakan naik 8 kali di tahun 2030 yakni mencapai nilai Rp 4.531 Triliun, ekosistem kondusif perlu kita bangun bersama, saya sangat menghargai apa yang telah dilakukan Sea Labs Indonesia , yang sudah banyak memanggil talent kita untuk kembali, yang juga akan mengundang 1.000 orang talent masuk” ujar Jokowi.

“Dengan dibukanya Sea Labs Indonesia , kami harap bisa mengumpulkan talenta digital untuk mendukung ekonomi digital Indonesia di masa depan, kita akan merekrut setidaknya 1.000 talent hingga tahun 2023, kita akan membuat lapangan kerja bagi para engineers muda juga para product manager dan lainnya” ujar Firrest Li.

Baca Juga: Indonesia Tak Masuk Daftar Negara Yang Kecam Agresi Rusia, Ada Apa?