Tolak Lakukan Sinkron iMessage Dengan SMS Andorid, CEO Apple: Belikan Ibumu iPhone

CEO Apple Tim Cook menolak untuk melakukan sinkron antara iMessage dengan SMS Android usai adanya pihak yang minta untuk SMS dan iMessage disinkronkan.

Tolak Lakukan Sinkron iMessage Dengan SMS Andorid, CEO Apple: Belikan Ibumu iPhone
CEO Apple Tim Cook menolak untuk melakukan sinkron antara iMessage dengan SMS Android. Gambar : Dok. Brooks Kraft/Apple Inc. /AFP

BaperaNews - Sebelum peluncuran iPhone 14 belakangan ini, beberapa pihak sempat meminta kepada Apple untuk melakukan sinkron pada layanan iMessagenya. Namun, Alih-alih membuat sistem untuk menyingkronkan sistem pesan singkat Rich Communication Services (RCS) dengan layanan iMessages, CEO Apple Tim Cook justru mendorong untuk membeli iPhone .

“Saya tidak mendengar pengguna meminta kami mencurahkan energi dalam hal itu saat ini. Selain itu, saya ingin mengajak Anda menggunakan iPhone,” tutur CEO Apple Tim Cook dikutip dari The Verge.

Pernyataan itu muncul saat Cook menjawab pertanyaan dari salah satu wartawan Vox, LiQuan Hunt yang mengeluh bahwa ibunya tidak bisa melihat video yang ia kirim lantaran iMessage dan RSC tak sinkron.

Sebagai informasi, RCS adalah sistem perpesanan yang menggantikan SMS biasa pada sistem Android. Sistem ini tidak bisa bekerjasama dengan iMessages dan sebaliknya. Maka dari itu, jika pengguna mengirim video dari RCS ke iMessages atau sebaliknya, kirimannya akan acak-acakan.

Ditanyakan terkait soal tersebut, CEO Apple Tim Cook pun mengatakan kepada Hunt “Belikan ibumu iPhone”.

iMessages diketahui punya sistem yang membedakan pengirim pesan dari Android dan sesama pengguna iPhone. Biasanya gelembung (bubble) pesan dari Android akan berwarna hijau, sementara bubble pesan untuk sesama pengguna iPhone berwarna biru.

Baca Juga : Waspada Penipuan Saat Beli iPhone 14 Online, Bisa Bobol Rekening Hingga Akses Apple ID

Ada alasan tersendiri buat Apple mempertahankan kebijakan tersebut. Wakil Presiden Senior Apple divisi Software Engineering, Craig Federighi menyampaikan bahwa iMessage pada Android akan merugikan pihaknya.

“iMessage di Android sederhananya akan menghilangkan hambatan bagi keluarga pengguna iPhone untuk memberikan anak-anak mereka ponsel Android,” ujar Federighi.

Diketahui sebelumnya, Android telah secara terang-terangan meminta Apple untuk mengadopsi sistem RCS ini. Dalam blog resminya, Android menulis Apple lah penyebab sistem RCS dan iMessage tidak kompatibel.

“Ini bukan soal perbedaan warna gelembung. Ini adalah soal video yang kabur, chat grup yang rusak, resi perpesanan yang hilang, tidak bisa kirim pesan via Wi-Fi dll,” tulis Google selaku induk Android.

“Masalah-masalah itu ada karena Apple menolak mengadopsi sistem perpesanan modern yang standar ketika orang dengan iPhone dan Android saling berkirim pesan,” tulisnya lagi.

Android menulis Apple mengubah pesan antara ponsel iPhone dengan Android menjadi SMS dan SMS, atau teknologi yang sudah kuno dari tahun 90 dan 2000an awal.

“Tetapi Apple bisa mengadopsi RCS -standar sistem perpesanan di industri modern- untuk menyelesaikannya. Menyelesaikan masalah itu tanpa mengganti iPhone membuat perpesanan menjadi lebih baik untuk semua,” saran Android.

Baca Juga : Versi Final iOS 16 Akan Muncul 12 September, Simak Daftar iPhone Yang Kebagian