Sejarah Dan Makna Khusus Lomba Gebuk Bantal Saat HUT RI

Berbagai kota besar hingga kota kecil menyiapkan berbagai lomba di hari Kemerdekaan Indonesia, salah satunya gebuk bantal, simak sejarah dan makna lomba gebuk bantal.

Sejarah Dan Makna Khusus Lomba Gebuk Bantal Saat HUT RI
Sejarah dan makna khusus lomba gebuk bantal saat HUT RI. Gambar : hypeabis.id

BaperaNews - Banyak tradisi Indonesia yang sering kita jumpai dalam merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia saat 17 Agustus.  Banyak masyarakat Indonesia di berbagai kota besar hingga kota kecil menyiapkan berbagai lomba dari tradisi yang sudah ada secara turun menurun. Salah satu lomba yang paling menarik ialah gebuk bantal.

Lomba gebuk bantal atau lomba perang bantal dimainkan oleh kalangan anak - anak hingga orang dewasa. Para pemain dalam pertandingan lomba gebuk bantal diminta bersalaman sebelum bertanding dengan adil.

Sejarah Lomba Gebuk Bantal

Tradisi gebuk bantal di Indonesia sudah ada sejak sekitar tahun 1990-an. Mulanya warga Cipinang Bali, Kalimalang, Jakarta Timur selalu menggelar tradisi lomba panjat pinang di setiap hari Kemerdekaan Indonesia tiba. Namun 2 tahun kemudian, warga sekitar menambah hiburan yakni lomba gebuk bantal.

Lomba gebuk bantal ternyata banyak menarik perhatian hingga minat warga mengikuti lomba tersebut di sekitar Kalimalang. Lomba gebuk bantal kini terus berlanjut sampai saat ini.

Perlombaan tradisi gebuk bantal diikuti dengan 2 orang yang bersiap-siap menuju area gebuk bantal yang diduduki oleh para peserta di atas sebatang bambu yang berdiameter cukup besar membentang di tengah kali dan bambu tersebut dialiri oli agar tambah licin yang memicu keseruan lomba gebuk bantal.

Baca Juga : Unik Dan Spesial! 11 Tradisi Saat Perayaan 17 Agustus Dari Berbagai Daerah Indonesia

Bantal yang digenggam oleh 2 para pemain untuk saling memukul menggunakan senjata bantal atau guling basah. Setiap pemain akan terus berusaha menjatuhkan lawan hingga jatuh ke kolam dengan menggebuknya melalui bantal.

Selama pertandingan dimulai memiliki begitu banyak ekspresi dari pemain sampai penonton, mulai dari ketegangan hingga kegembiraan. Ketika salah satu pemain tercebur maka terlebih dahulu ialah yang kalah.

Keseruan lomba gebuk bantal saat dimana salah satu peserta kehilangan keseimbangan dan hampir jatuh saat pukulan dengan bantal yang berselisih berganti. Ketegangan ini membuat para salah satu peserta sekuat tenaga bertahan untuk tidak jatuh hingga dinyatakan kalah.

Teriak - teriakan dari warga yang menyaksikan langsung menambah ketegangan dan keseruan yang terjadi selama lomba gebuk bantal. Hal ini pun menjadi daya tarik tersendiri di beberapa daerah di Indonesia, termasuk kawasan Jakarta Timur.

Sistem lomba gebuk bantal dibuat seperti kompetisi, dimana pemenang dari lomba gebuk bantal akan diadu kembali dengan pemenang yang lain. Sampai ditemukannya satu pemenang yang paling terkuat.

Tidak hanya laki - laki, tradisi dari lomba gebuk bantal banyak juga loh diikuti oleh perempuan.

Para perempuan ini tidak mau kalah untuk menunjukkan kekuatan untuk beradu di lomba gebuk bantal. Serunya, masyarakat yang menonton perempuan saat lomba gebuk bantal lebih bersemangat, apalagi ketika salah satu pemain perempuan ada yang terjatuh. Gelak tawa pada perlombaan gebuk bantal ini langsung sontak terdengar di area sekitar pertandingan tersebut.

Lomba gebuk bantal diadakan setiap HUT RI yang selalu disaksikan oleh para masyarakat yang berada dikawasan tersebut.

Baca Juga : Sejarah Dan Manfaat Lomba Balap Bakiak Saat 17 Agustus

Menyaksikan keseruan lomba gebuk bantal selalu berlangsung saat sore hari karena saat sore hari suasana adem dan langit berwarna oranye menjadi pemicu daya tarik lomba gebuk bantal ini.

Makna Khusus Lomba Gebuk Bantal

Bertahan dalam pertandingan lomba gebuk bantal memiliki makna khusus, saat perang di zaman dahulu untuk merebut kembali kemerdekaan Indonesia. Masyarakat tidak boleh lengah kepada para penjajah.

Kondisi bertahan dalam kondisi apapun ini bermodalkan senjata yang sederhana namun harus bisa menang. Makna yang begitu dalam untuk Indonesia saat melawan penjajah dengan bambu runcing.

Bayangkan sebuah bambu sederhana yang didesain khusus oleh masyarakat Indonesia bisa membuat runcing sebagai alat untuk melawan para penjajah.

Pembuatan bambu runcing sebagai senjata bermula dari ketiadaan dan kekurangan peralatan perang Indonesia yang tersedia, dengan jiwa perjuangan masyarakat Indonesia mereka semua membuat senjata bambu runcing.

Alat perjuangan Indonesia bambu runcing digunakan ketika pertempuran 10 November 1945 ketika perang sedang berlangsung.

Bambu runcing ini akhirnya digunakan di berbagai daerah Indonesia sebagai lambang keberanian dan pengorbanan dalam meraih kemerdekaan Republik Indonesia.

Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, namun tanda untuk berjuang lebih keras. Dirgahayu Republik Indonesia, Jayalah Indonesiaku, Berkibarlah Sang Saka Merah Putih. Merdeka untuk Bangsa dan Tanah Air.

Baca Juga : Ternyata Lomba Makan Kerupuk Miliki Sejarah, Ini Dia Sejarahnya!