Sebanyak 80 Warga Dievakuasi, Imbas Dari Kebakaran Tangki Kilang Pertamina di Cilacap

Tangki Kilang Petamina di CIlacap terbakar, Kebakaran ini membuat 80 warga harus dievakuasi

Sebanyak 80 Warga Dievakuasi, Imbas Dari Kebakaran Tangki Kilang Pertamina di Cilacap
Kobaran api terlihat di tangki Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (14/11/2021) dini hari. Tangki 36 T 102 terbakar pada Sabtu (13/11/2021) pukul 19.10 WIB itu berisi komponen pertalite. Gambar : ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

BaperaNews - Pada hari Sabtu (13/11/2021) kemarin, PT Pertamina mengevakuasi sebanyak 80 warga dari sekitar lokasi tangki Kilang yang terbakar di Cilacap, Jawa Tengah.

Dalam pernyataan resminya, Ifki Sukarya yang merupakan Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional menyampaikan bahwa untuk dapat memastikan seluruh masyarakat dalam kondisi aman, Pertamina dengan sigap langsung melakukan evakuasi sekitar 80 warga dari Kelurahan Lomanis ke tempat pengungsian sementara di Aula Kelurahan Lomanis dan Masjid Baitul Munir, Lomanis.

Sementara itu, Pertamina terus berupaya untuk dapat memadamkan api dengan menggunakan defensive fire fighting dengan fire truck serta hydrant serts pendinginan di area sekitar tangki yang terbakar.

Kebakaran ini terjadi mulai pukul 19.20 WIB yang terjadi di salah satu tangki berisi produk Pertalite. Diketahui hingga saat ini, perusahaan belum dapat mengetahui secara pasti terkait penyebab insiden kebakaran tersebut.

Walaupun demikian, perusahaan telah memastikan bahwa pasokan BBM serta Elpiji ke masyarakat berada dalam kondisi yang aman dan tidak mengalami gangguan.

Sebagai informasi, insiden ini bukan kali pertama area Kilang Cilacap kebakaran. Pada bulan Juli lalu, kebakaran juga terjadi hingga apinya melahap lingkungan sekitar tangki.

Peristiwa kebakaran tersebut terjadi di area pertangkian 39 Pertamina RU IV Cilacap. selama kurang lebih satu jam usai kejadian, kebakaran  yang terjadi di bundwill tangki 39T-205 itu berhasil dikendalikan.

Akan tetapi, pada masa pendinginan tangkit 39T-205, muncul 1 titik api di pipa saluran keluar tangki 39T-203. Akan tetapi, titik api tersebut juga akhirnya berhasil dapat dipadamkan.