Resmi Meluncur, Catat Ini Daftar 5 Rute Baru KA Jarak Jauh

PT Kereta Api Indonesia menambah rute perjalanan jarak jauh sejak Kamis (1/6). Penambahan rute diresmikan di 4 stasiun secara serentak yaitu di stasiun Semarang Tawang, Solo Balapan, Surabaya Gubeng, dan Jember.

Resmi Meluncur, Catat Ini Daftar 5 Rute Baru KA Jarak Jauh
Resmi Meluncur, Catat Ini Daftar 5 Rute Baru KA Jarak Jauh. Gambar : Dok. KAI

BaperaNewsPT Kereta Api Indonesia menambah rute perjalanan jarak jauh sejak Kamis (1/6). Penambahan rute diresmikan di 4 stasiun secara serentak yaitu di stasiun Semarang Tawang, Solo Balapan, Surabaya Gubeng, dan Jember.

5 Rute Baru KA Jarak Jauh

Rincian dari 5 rute baru KA jarak jauh tersebut ialah :

  1. KA Argo Merbabu relasi Semarang Tawang Jateng – Gambir PP

Terdiri dari 8 gerbong eksekutif berkapasitas 400 tempat duduk

  1. KA Banyubiru relasi Semarang Tawang – Solo Balapan PP

Terdiri Dari 4 gerbing eksekutif dan 3 gerbong ekonomi dengan kapasitas 432 tempat duduk atau 3 gerbing eksekutif dan 6 gerbong ekonomi dengan kapasitas 630 tempat duduk

  1. KA Manahan relasi Solo Balapan – Gambir PP

Terdiri dari 8 gerbong eksekutif berkapasitas 400 tempat duduk

  1. KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng – Gambir PP

Memiliki 9 gerbing eksekutif berkapasitas 450 tempat duduk

  1. KA Pandalungan relasi Jember – Gambir PP

Terdiri dari 8 gerbong eksekutif berkapasitas 400 tempat duduk

Dirut PT KAI Didiek Hartantyo menyampaikan peluncuran 5 rute KA jarak jauh ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan perseroan seiring dengan pemberlakuan Gapeka 2023 yang berlaku per 1 Juni 2023 dimana hal tersebut berimbas pada percepatan waktu tempuh KA dan perubahan pada jadwal keberangkatan KA.

Baca Juga : Kursi Kereta Ekonomi Dimodifikasi KAI, Anti Pegal

Adanya rute baru KA jarak jauh ini juga dinyatakan sebagai wujud komitmen KAI yang adaptif untuk lebih memuaskan pelanggan dan terus lakukan inovasi dalam peningkatan layanan transportasi berbasis rel.

“Semoga dengan adanya launching 5 rute baru KA jarak jauh ini bisa memberi manfaat untuk pertumbuhan ekonomi di tiap wilayah yang dilewati kereta api ini dan meningkatkan minat masyarakat untuk memakai moda transportasi kereta api yang nyaman, aman, dan sehat” kata Didiek pada Kamis (1/6).

Jadwal Operasional KA Jarak Jauh Rute Baru

Didiek juga menjelaskan jadwal operasional pada perjalanan KA rute jarak jauh baru tersebut yang berlaku mulai Juni 2023 ini yaitu :

  1. KA Pandalungan beroperasi hari Kamis-Senin
  2. KA Argo Semeru dan KA Argo Merbabu beroperasi setiap hari
  3. KA Manahan beroperasi sesuai permintaan pasar

Jadwal lengkap dari perjalanan rute KA baru tersebut bisa dilihat di aplikasi KAI Access atau laman resmi PT KAI atau kai.id atau channel luar yang bekerjasama secara resmi dengan PT KAI.

Daftar Diskon KA Jarak Jauh Rute Baru

Terakhir, Didiek mengungkap PT KAI memberi diskon bagi para pengguna KAI dengan menerapkan tarif promo di kereta api jarak jauh rute baru tersebut dimana tarifnya berlaku sepanjang Juni 2023 sebesar :

  1. KA Pandalungan Rp 300.000
  2. KA Argo Semeru Rp 250.000
  3. KA Argo Merbabu Rp 200.000
  4. KA Banyubiru kelas Eksekutif Rp 30.000 dan kelas Ekonomi Rp 20.000

Didiek memastikan PT KAI selalu beradaptasi dan memberi solusi dengan kolaborasi berbagai pihak, PT KAI selalu berupaya agar moda transportasi kereta api ini terus maju dan memiliki sarana prasarana serta jangkauan yang lebih luas dan lebih baik lagi.

Baca Juga : LRT Jabodebek Kenakan Tarif Rp 1 Pada Soft Launching