Qatar Airways Jadi Maskapai Pertama Gunakan Jaringan Starlink di Boeing 777

Qatar Airways menjadi maskapai pertama yang menggunakan jaringan Starlink di Boeing 777, berikan internet gratis bagi penumpang dalam penerbangan.

Qatar Airways Jadi Maskapai Pertama Gunakan Jaringan Starlink di Boeing 777
Qatar Airways Jadi Maskapai Pertama Gunakan Jaringan Starlink di Boeing 777. Gambar : Dok. Qatar Airways

BaperaNews - Qatar Airways meluncurkan inovasi terbaru dalam dunia penerbangan dengan menghadirkan layanan internet berbasis satelit di pesawat mereka. 

Maskapai penerbangan ini menjadi yang pertama di dunia menggunakan jaringan Starlink, layanan internet dari SpaceX milik Elon Musk, di armada pesawat Boeing 777.

Penerbangan perdana dengan layanan Wi-Fi Starlink dilakukan pada Selasa (22/10), dengan rute Doha menuju London.

Dalam keterangan resminya, Engr. Badr Mohammed Al-Meer, Chief Executive Officer Qatar Airways Group, menyampaikan rasa bangganya atas langkah inovatif ini.

"Kami sangat senang karena Qatar Airways sekali lagi berada di garis depan dalam inovasi penerbangan. Dengan menyediakan internet Starlink yang andal dan mulus di dalam pesawat, kami menghubungkan orang-orang dengan hal-hal yang paling mereka cintai, bahkan di ketinggian 35.000 kaki, membuat setiap perjalanan bersama kami menjadi pengalaman yang tak terlupakan,” ujarnya.

Qatar Airways berencana untuk memperluas layanan ini ke lebih banyak pesawat di armadanya. Saat ini, tiga pesawat Boeing 777-300 telah dilengkapi dengan Starlink, dan maskapai menargetkan 12 pesawat Boeing 777-300 akan memiliki layanan ini pada akhir 2024.

Selain itu, seluruh armada Boeing 777 diharapkan sudah dilengkapi Starlink pada tahun 2025, sementara pesawat Airbus A350 akan menyusul pada musim panas 2025.

Salah satu hal menarik dari penerapan Starlink di Qatar Airways adalah layanan internet ini akan tersedia gratis untuk semua penumpang. Penumpang dapat mengakses internet dengan mudah, bahkan saat pesawat berada di gate keberangkatan.

Baca Juga : Bahlil Bongkar Investasi Starlink di Indonesia Senilai Rp30 M

Hal ini menjadi nilai tambah bagi maskapai yang selalu berusaha memberikan pengalaman terbaik bagi penumpangnya.

Layanan internet yang ditawarkan oleh Starlink memungkinkan penumpang untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman, menonton hiburan favorit, menyaksikan acara olahraga secara langsung, bermain game online, atau bekerja secara efisien di ketinggian 35.000 kaki. Dengan hanya satu kali klik, semua layanan ini dapat dinikmati selama penerbangan. 

Starlink adalah layanan internet berbasis satelit yang dikembangkan oleh SpaceX, perusahaan milik Elon Musk. Starlink merupakan jaringan satelit terbesar di dunia, yang bertujuan menyediakan internet berkecepatan tinggi dan andal di berbagai lokasi, termasuk daerah-daerah terpencil dan di atas lautan yang sulit dijangkau oleh sinyal seluler atau Wi-Fi tradisional.

Elon Musk, CEO SpaceX, menyatakan bahwa Starlink akan memungkinkan penumpang pesawat menikmati akses internet global yang stabil.

"Layanan ini akan terus membaik seiring waktu. Ini merupakan langkah awal, dan akan terus meningkat," ujarnya.

Baca Juga : Menko Luhut Sebut Tak Perlu Lagi BTS Usai Adanya Starlink di Indonesia