PSN Jalan Tol Terpanjang di RI Akan Dilanjut, Pembebasan Sudah Sampai Garut!

Proses pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) di jalan Tol terpanjang di Indonesia yang sempat terhenti, kembali dilanjutkan oleh pemerintah. Simak Selengkapnya!

PSN Jalan Tol Terpanjang di RI Akan Dilanjut, Pembebasan Sudah Sampai Garut!
PSN Jalan Tol Terpanjang di RI Akan Dilanjut, Pembebasan Sudah Sampai Garut!. Gambar : Dok. Waskita Karya

BaperaNews - Proses pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) yang sempat terhenti, kembali dilanjutkan oleh pemerintah. 

Getaci, jalan tol terpanjang di Indonesia saat ini, kini tengah dalam tahap pembebasan lahan yang dilakukan oleh pemerintah daerah setempat. 

Menurut Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono, pembebasan lahan proyek telah mencapai Garut.

"Progresnya berlanjut. Kami telah menerima kabar bahwa pada pekan lalu, proses pembebasan lahan untuk tol telah mencapai Garut," ujar Bambang Tirtoyuliono.

Bambang Tirtoyulionoberharap dengan adanya progres tersebut, konstruksi Tol Getaci dapat segera dimulai dari Gedebage ke Garut, setidaknya pada tahun 2024 ini. 

Meski demikian, ia menegaskan bahwa masalah konstruksi jalan tol ini merupakan wewenang pemerintah pusat.

"Pemerintah berharap agar pada tahun 2024, konstruksi sudah bisa dimulai hingga Garut," tambahnya.

Baca Juga : Bayar Tol Tanpa Sentuh Akan di Uji Coba Pertengahan Desember 2023

Meskipun penentuan pemenang lelang proyek belum dapat dipastikan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menegaskan bahwa proses lelang proyek Tol Getaci ditargetkan pada tahun ini. 

Basuki Hadimuljono belum bisa memastikan kapan tepatnya pemenang lelang ini akan ditentukan dan mulai mengerjakan konstruksi.

Tol Getaci memiliki panjang 206,65 kilometer, melintasi provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Di Jawa Barat, tol ini akan membentang sepanjang 171,40 kilometer, sedangkan di Provinsi Jawa Tengah sepanjang 35,25 kilometer. Rencananya, Tol Getaci akan terbagi menjadi empat seksi, yaitu:

  • Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara sepanjang 45,20 kilometer.
  • Seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya sepanjang 50,32 kilometer.
  • Seksi 3 Tasikmalaya-Patimuan sepanjang 76,78 kilometer.
  • Seksi 4 Patimuan-Cilacap sepanjang 34,35 kilometer.

Baca Juga : Resmi Beroperasi, Segini Tarif Tol Cinere-Jagorawi