Piala Presiden Esports 2023, Fahd A Rafiq: Mendorong Pertumbuhan Ekosistem Bisnis dan Talenta Lokal

Piala Presiden Esports 2023 bukan hanya ajang kompetisi, tetapi juga pendorong pertumbuhan bisnis Esports dan pencarian bakat lokal.

Piala Presiden Esports 2023, Fahd A Rafiq: Mendorong Pertumbuhan Ekosistem Bisnis dan Talenta Lokal
Piala Presiden Esports 2023, Fahd A Rafiq: Mendorong Pertumbuhan Ekosistem Bisnis dan Talenta Lokal. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2023 tidak hanya menjadi platform kompetisi, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekosistem bisnis dan menciptakan lapangan kerja dalam dunia Esports di Indonesia.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyampaikan bahwa membanggakan nama Indonesia saat ini tidak hanya harus dengan atlet atlet olahraga namun juga pada bidang esport.

“Esport menjadi salah satu cara bagi teman teman anak muda untuk membanggakan nama Indonesia, Piala Presiden 2023 ini menjadi salah satu tempat untuk mencari bibit bibit unggul dalam bidang esport.” Ujar Fahd A Rafiq, Kamis (26/10).

Menparekraf mengungkapkan harapannya agar Piala Presiden Esports 2023 mampu menciptakan gim-gim lokal yang dapat bersaing di tingkat global. Data menunjukkan bahwa pada tahun 2022, transaksi gim di seluruh dunia mencapai Rp3.500 triliun, sementara di Indonesia jumlahnya mencapai Rp30 triliun. Namun, mayoritas gim yang dimainkan oleh lebih dari 175 juta pemain gim daring di Indonesia adalah produk dari pengembang asing.

Pemerintah berencana untuk menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) yang akan mengakselerasi industri gim di Indonesia, dengan fokus pada gim lokal. Hal ini akan menciptakan ekosistem gim yang lebih inklusif dan berpihak kepada pengembang gim lokal.

Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2023, Rangga Danu Prasetyo, mengungkapkan bahwa edisi tahun ini mencatat sejarah baru dengan memasukkan kompetisi Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) Women untuk pertama kalinya dalam sejarah turnamen ini. Selain itu, jumlah gim lokal yang dipertandingkan lebih banyak daripada gim internasional.

“Game game yang akan dimainkan juga tidak hanya game dari Luar negeri, namun juga akan ada kompetisi game yang berasal dari Indonesia, pastinya kompetisi ini akan membuat nama game asal Indonesia ini semakin terkenal.” Ujar Fahd A Rafiq, Kamis (26/10).

Hari pertama "Main Event Piala Presiden Esports 2023" mempertandingkan tiga cabang gim, termasuk Battle of Guardians, MLBB Women, dan Mobile Legends: Bang Bang. Final dari masing-masing cabang gim akan berlangsung di hari kedua.

Turnamen ini juga menjadi ajang bagi tim-tim gim lokal untuk bersaing dan memamerkan potensi mereka di panggung Esports nasional. Diharapkan turnamen ini dapat memicu pertumbuhan gim lokal dan mendukung perkembangan industri gim Indonesia.

Penulis : Ahmad G