Perkara Finansial Bikin Berantem ? Ini Tips Kelola Keuangan Bagi Pasangan Baru Menikah

Pengelolaan keuangan sering jadi penyebab masalah, Berikut Tips kelola keuangan bagi pasangan baru menikah.

Perkara Finansial Bikin Berantem ? Ini Tips Kelola Keuangan Bagi Pasangan Baru Menikah
Ilustrasi pasangan baru meikah, Gambar : tirachardz / freepik.com

BaperaNews - Bagi pasangan yang baru menikah, mengelola keuangan adalah hal utama yang harus didiskusikan terlebih dahulu untuk menghindari resiko berantem atau bahkan timbulnya masalah serius. 

Pasalnya, mengatur keuangan saat sudah menikah dengan saat masih single jelasnya lebih sulit. Karena berkaitan dengan dua individu yang memiliki keinginan berbeda – beda. Terlebih lagi jika datangnya penghasilan dari 1 orang saja. Diperlukan komunikasi lebih lanjut untuk menghindari hal – hal yang tak diinginkan.

Pengambilan keputusan pun harus disetujui oleh suami istri agar kondisi ekonomi tetap dalam keadaan baik. Jangan sampai baru menikah sudah terbebani dengan banyak hutang karena pengelolaan keuangan yang tak sehat. 

Tantangan terbesar yang banyak terjadi adalah masing – masing memiliki keinginan.  Hal ini tentu harus ditahan, agar tak membuat pengeluaran menjadi membengkak. Agar keuangan kalian saat baru menikah tetap dalam kondisi baik, simak yuk beberapa tips di bawah ini!

Menentukan Tujuan Bersama yang Jelas

Perbedaan pendapat dalam hal pengalokasian keuangan sangatlah wajar terjadi antara pasangan muda yang baru menikah. Istri inginnya begini dan suami inginnya begitu. Untuk menghindari berbagai kesalahpahaman, ada baiknya didiskusikan sejak awal untuk bisa mencapai tujuan yang sama agar kondisi keuangan tetap baik. Utamakan kebutuhan yang paling penting dulu yakni primer, kemudian sekunder, selanjutnya tersier. 

Keterbukaan Sangatlah Penting

Setelah menikah, semua penghasilan dan pengeluaran harus diketahui antara kedua belah pihak. Hindari menutup – nutupi kondisi keuangan agar tak terjadi kesalahpahaman.

Berbagai Beban dan Tanggung Jawab

Pembagian beban dan tanggung jawab sangatlah penting agar suami istri tak saling menyalahkan. Misalnya saja untuk istri yang mempunyai kewajiban untuk bertanggung jawab memenuhi kebutuhan harian. Sedangkan suami bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya untuk jangka panjang seperti pendidikan atau bahkan rumah dan kendaraan.

Merencanakan Keuangan untuk Jangka Panjang

Melakukan perencanaan keuangan untuk jangka panjang sangatlah penting dilakukan. Hal ini akan membuat kalian paham, mana pengeluaran yang bisa ditekan agar batas pengeluaran pun tetap stabil. Kestabilan dalam hal pengeluaran, tentu akan membuat kondisi keuangan tetap terjaga.

Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat sangat bermanfaat saat terjadi hal – hal yang tak diinginkan. Misalnya saja untuk biaya melahirkan, biaya pendidikan, biaya renovasi rumah dan kebutuhan tak terduga lainnya.